Wako Resmikan Operasional 3 Gedung Baru di Bukittinggi

Wako Resmikan Operasional 3 Gedung Baru di Bukittinggi Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias saat meresmikan tiga gedung baru di Bukittinggi

Covesia.com - Wali Kota Bukittinggi, Wakil Wali Kota, unsur Forkopimda dan Niniak Mamak meresmikan operasional tiga gedung baru yakni Puskesmas Tigo Baleh, Kantor Lurah Pakan Labuah dan Kantor Lurah, Senin (13/7/2020).

Camat ABTB, Hendri, menjelaskan, pembangunan Puskesmas Tigo Baleh dan Kantor Lurah Pakan Labuah, diawali dengan proses pengadaan tanah pada tahun 2018, dengan menelan dana Rp 4,3 milyar. Dua bangunan itu, dibangun di atas tanah 1500 meter, setelah dibangun dengan sarana jalan yang representatif, luas efektif dua bangunan ini 1140 meter.

"Puskesmas Tigo Baleh dibangun dengan DAK tahun 2019 sebesar Rp 7,2 milyar. Kantor Lurah Pakan Labuah dibangun dengna APBD 2019 sebesar Rp 3,7 milyar dan Kantor Lurah Kuyu Kubu Rp 4,4 milyar. Jalan dibangun dari tanah aset pemerintah ditambah dengan sumbangan tanah masyarakat," jelasnya.

Tokoh Masyarakat ABTB, Inyiak DT. Pangulu Basa, mengapresiasi kinerja pemerintah, dalam pembangunan yang dilaksanakan di Bukittinggi, khususnya di kecamatan ABTB. Dengan berdirinya Puskesmas di Tigo Baleh, menjadi sebuah kebanggaan masyarakat Tigo Baleh.

"Kami atas nama masyarakat ABTB sangat berterima kasih atas pembangunan yang dilaksanakan di kecamatan ABTB. Sehingga layanan kesehatan dapat ditingkatkan, layanan terhadap administrasi kemasyarakatan pun dapat diberikan dengan lebih baik lagi," ujar DT. Pangulu Basa.

DT. Pangulu Basa atas nama warga Bukittinggi, juga mengapresiasi dengan telah banyaknya pembangunan di berbagai bidang yang dilaksanakan pemko Bukittinggi. Ini tentu mendorong pelayanan dan ekonomi masyarakat.

"Seperti pembangunan Pasa Ateh, menambah icon Bukittinggi, agar semakin banyak pengunjung yang datang. Kami atas nama masyarakat sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bukittinggi, atas pembangunan yang dilaksanakan, sehingga Bukittinggi semakin indah dan nyaman untuk dikunjungi. Secara tidak langsung, pembangunan dan peningkatan kunjungan itu akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Wali Kota Bukittinggj, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, pembangunan ini didasari dengan masih adanya gedung pemerintah yang menumpang di fasilitas nagari. Dua bangunan yang bersebelahan ini (Puskesmas Tigo Baleh dan Kantor Lurah Pakan Labuah)  tentu akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ini harus dipelihara dan dimanfaatkan bersama. Sementara, untuk kantor Lurah Kayu Kubu, sebelumnya berada di pinggir ngarai. Untuk lebih nyamannya, dilakukan pembangunan di dekat SMP 4.

"Dengan tiga gedung yang diresmikan ini, semoga bermanfaat bagi maayarakat dan pelayanannya harus lebih ditingkatkan. Kami atas nama pemerintah mengucapkan teima kasih pada pemilik tanah, yang telah mau menjual tanah kepada pemerintah. Kami juga terima kasih kepada tokoh adat nagari Tigo Baleh, yang telah memfasilitasi beberapa gedung pemerintah. Saat ini bangunan dan tanah itu, kami hibahkan kembali krpada nagari," ungkap Ramlan.

Selanjutnya, puskesmas di kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh akan ditambah di kawasan Birugo. Tahun ini dianggarkan untuk membeli tanahnya dan tahun 2021 depan akan mulai dibangun. Termasuk nantinya kantor lurah Landang Cakiah yang akan dibangun 2021, serta kantor Lurah Kubu Tanjuang , yang sampai saat ini masih belum mendapatkan tanah baru.

Peresmian tiga gedung tersebut, dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Bukittinggi.

Berita Terkait

Baca Juga