Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan, Walikota Pariaman Tinjau PBM Hari Pertama di Kotanya

Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan Walikota Pariaman Tinjau PBM Hari Pertama di Kotanya Saat Walikota Pariaman, Genius Umar mengunjungi salah satu sekolah di Kota Pariaman.

Covesia.com - Guna memastikan penerapan protokol kesehatan Covid-19, Walikota Pariaman, Genius Umar meninjau pelaksanaan proses belajar dan mengajar (PBM) tatap muka hari pertama di sekolah daerahnya.

"Ini hari pertama Kota Pariaman, setelah wabah Covid-19 membuka lagi proses belajar dan mengajar tatap muka di sekolah," sebut Genius Umar pada Senin (13/7/2020).

Lanjut Genius, hal itu dilakukan karena setelah Kota Pariaman dinyatakan sebagai zona hijau dari pandemin Covid-19.

Dikatakan Genius, dalam pelaksanaan setiap sekolah diwajibkan mematuhi protokol kesehatan dalam Covid-19, dengan cara di depan gerbang sekolah dan setiap kelas harus disediakan tempat cuci tangan.

"Kemudian untuk jam disekolah juga dibatasi, siswa hanya belajar pukul 07.30 hingga pukul 10.15 WIB, tanpa adanya jam istirahat," kata Genius.

Kemudian kata Genius, setiap siswa juga diwajibkan membawa minum dan bekal ke sekolah agar tidak lagi berbelanja saat di sekolah. 

Sementara itu, untuk di dalam kelas juga diatur jarak dan jumlah siswanya, dimana dalam satu kelas itu maksiman cuma 16 orang. Sisanya mereka akan melakukan proses belajar secara virtual dari di rumah.

"Siswa dibagi menjadi dua kelompok, dan sekolah bergantian. Satu minggu belajar disekolah, dan satu minggu lagi digantikan dengan grup lainya," ujarnya.

Untuk siswa SD, sekolah tatap muka hanya dilakukan untuk kelas 4 sampai 6 saja, untuk siswa kelas satu hanya belajar di rumah dengan tugas yang diberikan oleh guru masing-masing.

Genius menegaskan, jika ada sekolah yang tidak mengikuti protokol Covid-19 atau melanggar, maka akan ditindak tegas oleh pengawas ataupun Dinas Pendidikan Kota Pariaman.

"Kami berharap tidak ada sekolah yang mengabaikan prosedur yang telah kami tetapkan dalam pencegahan Covid-19 ini," ucapnya.

Berita Terkait

Baca Juga