Jaga Lingkungan dan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemnag Manggopoh Tanam 100 Pohon Aren

Jaga Lingkungan dan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pemnag Manggopoh Tanam 100 Pohon Aren Ilustrasi pohon aren (Ist)

Covesia.com - Pemerintah Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menanam 100 batang pohon aren sepanjang aliran sungai di Jorong Kubu Anau.

Walinagari Manggopoh, Ridwan mengatakan, pemilihan lokasi sepanjang aliran sungai itu bertujuan untuk menghambat pengikisan tebing oleh air jika curah hujan tinggi, tidak hanya itu pemilihan tanaman aren juga bisa bernilai ekonomis bagi masyarakat.

"Untuk tahap awal ini kita akan tanam 100 batang, hal itu sebagai perangsang warga setempat untuk ikut menanam di lahan mereka di sepanjang aliran sungai," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Sabtu (11/7/2020).

Dijelaskan Ridwan, dari segi penyelamatan lingkungan, tanaman aren adalah jenis tumbuhan yang memiliki akar serabut namun sangat kuat untuk menahan tanah dari erosi, selai itu dari segi ekonomi gula dan buah aren bernilai jual tinggi sehingga dipercaya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Nama Jorong Kubu Anau ini diambil dari sejarah dahulunya banyak pohon enau atau aren, namun seiring berjalannya waktu sudah banyak yang ditebang dan tidak ada dilakukan pengantian dengan bibit baru," lanjutnya.

Saat ini Pemerintah Nagari Manggopoh memiliki sebanyak 300 batang bibit aren dan rencananya akan di bagikan kepada seluruh masyarakat di Nagari Manggopoh.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga