Pelaku Begal yang Beraksi di Padang Pariaman Diringkus Polisi di Limapuluh Kota

Pelaku Begal yang Beraksi di Padang Pariaman Diringkus Polisi di Limapuluh Kota Pelaku (tengah) saat diamankan di Mapolres Padang Pariaman, Jumat (10/7/2020)(Foto: dok.humas)

Covesia.com - Hendak pulang dari Provinsi Riau menuju Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), seorang pelaku belagal diringkus Tim Gagak Hitam di depan Polres 50 Kota.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Padang Pariaman, AKBP Dian Nugraha HBWPS melalui Kasat Reskrimnya AKP Abdul Kadir Jailani.

"Penangkapan itu terjadi pada Kamis (9/7/2020) sekitar pukul 01.30 WIB," sebut Abdul pada Jumat (10/7/2020).

Lanjut Abdul, penangkapan itu berdasarkan laporan polisi LP/20/VI/2020/Polsek tanggal 29 Juni 2020, tentang dugaan tindak pidana pencurian dengan kekerasan.

"Pelaku atas nama Dicke Azfana panggilan Kevin (22) pekerjaan sopir warga Nagari Kapalo Hilalang Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Padang Pariaman," ucapnya. 

Abdul menyebutkan, kejadian pembegalan itu dilakukan pelaku pada Sabtu (27/6/2020) sekira pukul 19.00 WIB, di dekat Jembatan Lubuk Napa, Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago, Padang Pariaman.

Kronologis kejadian berawal saat korban ingin menukar knalpot sepeda motornya dengan pelaku yang sebelumnya belum dikenal. Kemudian pelaku dan korban bertemu di Showroom Motor Simpang Jagung, Kurai Taji, Kota Pariaman.

"Saat itu, pelaku mengatakan bahwa knalpot sepeda motor yang akan ditukar tersebut berada di rumahnya, lalu pelaku mengajak korban ke rumah pelaku yang mana saat itu korban mengikuti mobil milik pelaku," ungkapnya. 

Lalu di tengah perjalanan di dekat Jembatan Korong Lubuk Napa, Nagari Batu Kalang, Kecamatan Padang Sago pelaku memaksa korban turun dari sepeda motornya dan langsung melarikan sepeda motor tersebut dengan kencang.

Abdul mengatakan, setelah itu Tim Gagak Hitam Polres Padang Pariaman melakukan penyelidikan terhadap pelaku dan mengantongi identitas pelaku dari ciri serta kendaraan yang digunakan.

Setelah itu pada Kamis (9/7/2020) tim mendapat informasi bahwa pelaku hendak pulang dari Riau menuju Kayu Tanam Padang Pariaman, dan tim langsung melakukan pengintaian, serta meminta bantuan tim opsnal Polres 50 Kota dan langsung mengamankan pelaku. 

Dikatakan Abdul, saat diamankan kemudian diintrogasi, pelaku mengakui perbuatannya dan telah menjual sepeda motor tersebut ke daerah Kubang Pekanbaru, Riau.

"Pengakuan pelaku juga, bahwa ia telah melakukan pencurian mobil di daerah Riau, yang mana mobil tersebut dipergunakan saat mencuri sepeda motor korban. Pencurian lain juga pernah dilakukan pelaku di daerah Sicincin, Padang Pariaman disebuah rumah," jelasnya. 

Disebutkan Abdul, saat ini pihaknya masih melakukan pengembangan terhadap tempat kejadian pencurian yang dilakukan pelaku. 

"Barang bukti yang kami amankan satu unit sepeda motor," ujarnya.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga