Kuasa Hukum Lehar: Kita Sudah Ajukan Penangguhan Penahanan, Tapi Diabaikan

Kuasa Hukum Lehar Kita Sudah Ajukan Penangguhan Penahanan Tapi Diabaikan Dok. Kuasa Hukum Lehar

Covesia.com - Sebelum meninggal dunia, pada Kamis (2/7/2020) sekitar pukul 22.10 WIB, di RSUP M. Djamil Padang, Lehar, pria yang berusia 80 tahun, tersangka kasus mafia tanah di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), sempat ditahan polisi sekitar 40 hari.

"Pak Lehar ini pertamanya ditahan di sel tahanan Mapolda Sumbar, dan selanjutnya dipindahkan ke sel tahanan Mapolsek Padang Barat," sebut Kuasa Hukum Lehar, Tofik Y Chandra saat dihubungi covesia.com pada Jumat (3/7/2020).

Baca juga: Lehar, Tersangka Kasus Mafia Tanah di Padang Meninggal Dunia

Lanjut Tofik, dari awal Lehar itu dipanggil sebagai saksi dan ditetapkan sebagai tersangka, tim kuasa hukum sudah meminta untuk tidak melakukan penahanan terhadap Lehar tersebut, karena umurnya sudah 80 tahunan. 

"Arahan Kapolri juga, umur di atas 60 tahun sebaiknya tidak usah ditahan, karena faktor usia dan kesehatan, tapi penyidik tetap mengabaikan itu," katanya. 

Kemudian, kata Tofik, setelah ditahan pun pihaknya juga sudah pernah mengajukan permohonan penangguhan penahanan, ternyata juga tidak digubris, malahan tim pengacara dipersulit untuk bertemu dengan Lehar. 

"Bahkan pemindahan Lehar dari sel di Mapolda Sumbar ke Mapolsek Padang Barat kami juga tidak diberi tahu. Sedangkan untuk hari terkhir Lehar di sel tersebut, tim pengacara ribut dulu dengan penyidik akhirnya baru diberikan izin untuk berobat ke rumah sakit," ungkapnya. 

"Kasihan kami, pak lehar dibilang makelar tanah atau mafia tanah, lihat saja rumah ia seperti apa, dan yang di urusnya itukan tanahnya," jelasnya. 

"Bahkan yang kasihannya lagi, orang tua disuruh tidur di atas lantai semen saja," ujarnya. 

Sebelumnya Lehar diamankan atas laporan polisi nomor : LP/182/IV/2020/SPKT Sbr tgl 18 April 2020, dalam perkara pemalsuan surat dan penipuan. Lehar, Mamak Kepala Waris (MKW) Kaum Mahboet, Suku Sikumbang, Koto Tangah, Kota Padang, Sumbar.

(pri/lif)

Berita Terkait

Baca Juga