Tahun Ini Pemko Pariaman dapat DAK untuk SD dan SMP

Tahun Ini Pemko Pariaman dapat DAK untuk SD dan SMP Kepala Disdikpora Kota Pariaman, Kanderi (Covesia/Peri Musliadi)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2020 ini mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp10,2 miliar, untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"DAK yang diperoleh tahun ini terdiri atas Rp8,5 miliar untuk SD, kemudian Rp1,7 miliar SMP. Ini digunakan untuk renovasi infrastruktur dan peralatan pendukung belajar mengajar," sebut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman, Kanderi pada Selasa (30/6/2020).

Lanjut Kanderi, DAK yang diperoleh sekarang ini lebih besar sekitar Rp7 miliar dari tahun sebelumnya.

"Tahun sebelumnya DAK yang diperoleh Kota Pariaman hanya sekitar Rp3,2 miliar," ujarnya. 

Kanderi menyebutkan, perolehan DAK itu tidak terlepas dari laporan rutin yang dilakukan oleh pihak sekolah kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang hal itu didukung oleh regulasi yang ada.

Karena saat ini pihak sekolah bisa menyampaikan langsung kondisi sekolahnya kepada kementerian.

"Ini juga tidak terlepas atas upaya pendekatan yang dilakukan oleh Wali Kota Pariaman kepada pihak kementerian," katanya.

Kanderi juga mengatakan, sekolah yang menerima DAK tersebut ada 65 SD dan 9 SMP. Nanti dana itu digunakan untuk pembangunan dan renovasi sarana seperti kelas, jamban dan perpustakaan.

"Sekolah yang mendapatkan DAK itu kondisi kerusakannya di atas 30 persen dan penilaiannya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum serta data pokok pendidikan sekolah tersebut," ungkapnya. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga