Seminggu di Silabu, Dua Kapal Pribadi Milik Turis Asing di Perairan Mentawai Dilaporkan Warga

Seminggu di Silabu Dua Kapal Pribadi Milik Turis Asing di Perairan Mentawai Dilaporkan Warga Dua dari Empat Turis asing yang sudah lama lego jangkar di perairan Mentawai saat diamankan pihak keamanan setempat, Senin (29/6/2020)(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Khawatir akan pandemi Covid-19, Empat turis asing dengan dua kapal yang lego jangkar di sekitar resort Macaroni desa Silabu Kecamatan Pagai Utara dilaporkan warga setempat ke pihak keamanan.

Warga setempat mengatakan bahwa kapal tersebut sudah satu minggu berada di sekitar Silabu.

"Kita mendapatkan informasi bahwa ada kapal pribadi wisatawan asing yang lego jangkar di sekitar resort Macaroni, kemudian kita melakukan patroli di sana," tutur AKP Tirto Edi Kapolsek Sikakap, Senin (29/6/2020).

Tirto menyebutkan, satu turis dari Afrika Selatan berada pada satu kapal dan tiga lainnya asal Brazil berada pada kapal lainnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa setelah melakukan pengecekan, ia mengatakan bahwa turis tersebut sudah tiga bulan berada di

sekitar perairan Pulau Mentawai selama pandemi Covid-19.

"Mereka ternyata belum melapor ke pihak syahbandar. Kemarin, langsung kami arahkan melapor ke Syahbandar dan ke tim gugus tugas pencegahan Covid-19 untuk dilakukan pengecekan administrasi dan sekaligus rapid test," papar Tirto.

Hasilnya, kata Tirto, ke empat turis dinyatakan non reaktif saat rapid test dan surat administrasinya lengkap.

"Saat ini mereka sedang memperpanjang jangka waktu masa berkunjung secara online dan sedang proses. Kita juga sudah memberikan kartu tanda sudah pernah rapid test," pungkasnya.

Kontributor: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga