Selama Pandemi Covid-19, Angka Kehamilan Meningkat di Kota Pariaman

Selama Pandemi Covid19 Angka Kehamilan Meningkat di Kota Pariaman Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Selama pandemi Covid-19, angka kehamilan di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), mengalami peningkatan.

"Peningkatannya ada sekitar delapan persen," sebut Walikota Pariaman, Genius Umar dalam sambutannya saat peringatan Hari Keluarga Nasional, pada Senin (29/6/2020).

Lanjut Genius, makanya itu pihaknya perlu mempersiapkan langkah agar tidak terjadinya peningkatan signifikan hingga akhir tahun nanti. 

"Mengatasi itu, kami membuat program pelayanan Keluarga Berencana (KB) untuk Kota Pariaman ditargetkan 178 akseptor," ungkapnya. 

Genius menyebutkan, program KB ini dilakukan karena terjadi peningkatan kehamilan, maka akan berdampak pada ekonomi keluarga serta kondisi anak yang dilahirkan menjadi stunting.

"Itu terjadi karena selama hamil sang ibu kurang mendapatkan gizi akibat permasalahan ekonomi," ujarnya.

Genius mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut pihaknya juga telah mempersiapkan langkah dengan mendampingi ibu hamil melalui bidan desa, pemberian makanan tambahan, serta pendampingan pasca-melahirkan.

Kemudian Genius juga menyampaikan angka kehamilan di Kota Pariaman setiap tahunnya antara 1.590 sampai 1.660 hingga diperiode bulan ini. Namun hingga sekarang realisasinya mencapai 58 persen dari angka tersebut.

"Untuk itu harus dikendalikan agar angka kehamilan di Kota Pariaman tidak lebih dari 1.660 pada akhir tahun 2020 nanti," jelasnya. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga