Tracking Positif Covid-19 Agam, 15 Warga Lakukan Swab Tes.

Tracking Positif Covid19 Agam 15 Warga Lakukan Swab Tes Foto: Istimewa

Covesia.com - Sebanyak 15 warga diambil sampel swab sample pasca satu orang warga Jorong Kubu Anau, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung dinyatakan positif Covid-19.

Camat Lubuk Basung Harmezi mengatakan, pengambilan swab ini berdasarkan hasil tracking yang dilakukan Puskesmas Manggopoh terhadap cluster baru virus covid-19 yang terdiri dari 8 orang keluarga pasien, keluarga yang menempati pustu Kubu Anau sebanyak 5 orang dan 2 orang pegawai Puskesmas Manggopoh yang bertugas mengantarkan sampel swab pasien ke Padang.

"Pengambilan Swab Sample di lakukan oleh petugas Puskesmas Lubuk Basung yang berkoordinansi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Agam. Hari ini langsung dilakukan tracking dan diambil sampel swab anggota keluarga serta warga yang kontak erat dengan pasien," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Minggu (28/6/2020).

Sementara itu pasien yang dinyatakan positif saat ini sudah di bawa ke RSUD Lubuk Basung dan belum bisa dirujuk mengingat rumah sakit rujukan di Padang sementara ini penuh.

Pihaknya menghimbau warga yang telah di swab untuk melakukan isolasi mandiri menjelang hasil swab keluar. Serta masyarakat sekitar lokaksi sementara waktu untuk menjaga physical distancing. "Penerapan new normal ini kita berharap seluruhnya masyarakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan jika keluar rumah,"katanya. 

Sebelumnya diberitakan satu warga Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat kembali dinyatakan Positif Covid-19. Pasien berjenis kelamin wanita Usia 27 tahun warga Nagari Manggopoh Kecamatan Lubuk Basung.

Dalam perjalanannya pada tanggal 8 Juni 2020 lalu pergi ke Medan, Sumatera Utama dan kembali pulang kampung ke Jorong Kubu Anau pada tanggal 24 Juni. Setelah pulang dari Medan Pasien mengaku mengalami sakit dengan gejala awalnya hilangnya indera penciuman. 

Saat berada di Medan pasien ini sudah merasakan sakit dan tetap memutuskan pulang, pada tanggal 26 juni ia memeriksakan kesehatan ke bidan dan di lakukan pengambilan Swab tes. Sabtu kemaren hasilnya keluar dan dinyatakan Positif.

(han/adi)


Berita Terkait

Baca Juga