Relawan Audy Gelar Pesta Rakyat Panjat Pinang dan Makan Bersama di Kabupaten Solok

Relawan Audy Gelar Pesta Rakyat Panjat Pinang dan Makan Bersama di Kabupaten Solok Dok. Media Center Audy Joinaldy

Covesia.com - Jorong Bancah Laweh Nagari Rangkiang Luriuh Kabupaten Solok seketika hangat disambangi relawan Audy Joinaldy. Kenapa tidak, warga jorong diikutsertakan dalam pesta rakyat berupa panjat pinang dan makan bersama dengan makanan khas gulai kepala kambing. 

"Jarak dari Kantor Wali Nagari ke Ibukota Kecamatan adalah 6 kilometer, ke Ibukota Kabupaten adalah 89 kilometer, ke Ibukota Provinsi adalah 89 kilometer, jadi pesta rakyat ini dapat dikatakan jauh dari penyebaran Covid-19," ungkap Herdiyulis, relawan Audy Joinaldy kepada Covesia, Minggu (28/6/2020).

Meskipun menggelar keramaian dia mengaku tetap mempedomani protokol kesehatan, seperti jaga jarak dan pakai masker. Peserta pesta rakyat ini hampir seluruhnya warga jorong, jadi tidak ada yang dari luar. 

Lebih lanjut dijelaskan Herdi, Nagari Rangkiang Luluih berpenduduk 1978 jiwa (2018) terdiri dari 993 laki-laki dan 985 perempuan. "Juga terdiri atas 3 jorong yakninya jorong Bancah Laweh, Kapujan dan Tampak Kudo,"ujarnya. 

Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan kepada Audy Joinaldy Pengusaha Muda Minang asal Solok. Jadi dirayakan dalam bentuk kegiatan panjat pinang dan makan bersama dgn masyarakat pada Selasa ( 24/6/2020). 

Berbeda dari pada panjat pinng yang biasa, sebab batang pinang tidak diolesi sabun ataupun oli. Jadi peserta yang memanjat sendiri-sendiri. 

"Tradisi ini sebagai bentuk dukungan kepada Bapak Audy Joinaldy,  kami yakin dan percaya bapak Audy amanah bila terpilih jadi Gubernur maupun wakil gubernur, " ungkap Nelson, Anggota DPRD Kabupaten Solok,  sekaligus Koordinator Relawan Jemari. 

Sementara itu Herdi mengatakan tidak menyangka dengan antusias  pemuda dan masyarakat rangkaiang luluih melaksanakan kegiatan ini. Meski tidak dihadiri Audy,  kegiatan berjalan dengan lancar.

(ila)

Berita Terkait

Baca Juga