Selama Masa Pandemi Covid-19, BNNP Sumbar Ungkap 10 Kasus Peredaran Narkoba Skala Kecil

Selama Masa Pandemi Covid19 BNNP Sumbar Ungkap 10 Kasus Peredaran Narkoba Skala Kecil Kepala BNNP Sumbar Brigjen Pol Khasril Arifin (Foto: Covesia/ Fakhruddin)

Covesia.com - Selama masa pandemi Covid-19 yakni Januari hingga saat ini, Jumat (26/6/2020), Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat (BNNP Sumbar) berhasil mengungkap 10 kasus peredaran narkoba. Sementara, jumlah tersangka yang berhasil diamankan sebanyak 12 orang.

"Kalau dari Januari hingga sekarang, ada 12 tersangka dengan 10 kasus tindak pidana yang kita ungkap," ujar Kepala BNNP Sumbar Brigjen Pol Khasril Arifin kepada rekan-rekan wartawan usai acara peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2020 di Aula Lantai 2 BNNP Sumbar.

Rata-rata, barang bukti kasus peredaran narkoba yang berhasil diungkap BNNP Sumbar yaitu ganja. Tetapi, ada juga narkoba jenis sabu. Kasus yang diungkap selama masa pandemi tersebut merupakan kasus penyalahgunaan narkoba dalam jumlah skala kecil. 

"Rata-rata, ganja. Ada juga sabu. Tapi dalam jumlah skala kecil, graman. Ya, (10 kasus tersebut adalah) total (kasus yang berhasil diungkap selama masa pandemi Covid-19)," jelasnya.

Lebih lanjut, Khasril menuturkan, pada tahun ini, belum ada kasus penyalahgunaan narkoba dalam skala besar yang diungkap oleh BNNP Sumbar. Hal ini dikarenakan ketatnya pengawasan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar Sumbar di kawasan perbatasan.

"Karena ketatnya perbatasan. Jadi, pemain-pemain besar itu cooling down. Tapi, yang kecil-kecil tetap juga dalam jumlah skala kecil. Di era new normal tetap saja, narkoba ada," ujarnya. 

(fkh)

Berita Terkait

Baca Juga