Selama Verifikasi Faktual, KPU 50 Kota Buka Pintu ke Timses Calon Perseorangan 

Selama Verifikasi Faktual KPU 50 Kota Buka Pintu ke Timses Calon Perseorangan  KPU Limapuluh Kota (Foto: dok.covesia)

Covesia.com - Tahapan Verifikasi Faktual calon perseorangan Pilkada Kabupaten Limapuluh Kota akan dimulai tanggal 27 Juni hingga 10 Juli 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat mempersilahkan bila tim sukses paslon perseorangan ingin mengawal proses verifikasi faktual.

"Kami membuka pintu untuk tim sukses paslon perseorangan untuk mengawasi petugas dalam proses tahapan verifikasi faktual. Memang keberadaan timses mereka ini dibutuhkan jika ditemukan data yang tidak singkron," sebut Ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon kepada Covesia.com, Kamis (25/6/2020).

Nantinya, petugas KPU baik dari PPS dan PPK saat verifikasi faktual tidak menemukan warga yang memberikan dukungan kepada paslon perseorangan. Persoalan ini nanti akan diserahkan kepada timses untuk memfasilitasi pertemuan antara petugas KPU dengan warga tersebut.

"Jadi, kami harapkan timses paslon perseorangan juga mempersiapkan diri agar verifikasi faktual bisa tercapai sebagaimana mestinya. Jika petugas tidak bisa bertemu dengan warga yang memberikan dukungan. Tolong fasilitasi. Baik secara daring maupun tatap muka sesuai dengan protokol Covid-19," katanya.

Untuk verifikasi faktual ini, KPU mengerahkan petugas sebanyak 399 orang dengan rincian 237 orang petugas PPS dan 162 orang petugas peneliti. Setiap harinya, perpetugas harus menjangkau 25 orang warga yang memberikan dukungannya kepada paslon perseorangan baik di tingkat Kabupaten Limapuluh Kota maupun Pilkada Provinsi Sumbar.

"Semuanya akan terjun ke lapangan tanggal 27 Juni 2020 besok. Seluruh petugas sudah kami beri bimbingan teknis sesuai dengan protokol Covid-19," sebutnya.

(agg) 

Berita Terkait

Baca Juga