Sempat Putus Tertimbun Longsor, Jalur Alternatif Padang-Bukittinggi, Malalak Sudah Bisa Dilewati

Sempat Putus Tertimbun Longsor Jalur Alternatif PadangBukittinggi Malalak Sudah Bisa Dilewati Sumber: istimewa

Covesia.com - Setelah dibersihkan menggunakan alat berat, jalur alternatif Bukittingi -Padang, via Malalak sudah bisa dilewati kendaraan.

Danramol 09/ IV Koto, Kap Inf. Army P Nasution, mengatakan jalur Alternatif di Bukik Baapik, Nagari Malalak Utara ini sempat terputus akibat longsor saat ini sudah kembali normal, setelah dilakukan pembersihan oleh personil TNI bersama masyarakat setempat.

"Alhamdulillah menjelang sore ini sudah bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat namun harus tetap berhati-hati karena masih ada tanah perbukitan yang berpotensi akan turun," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Rabu (24/6/2020).

Dijelaskan Danramil 09 /VI Koto, Kodim 0304 Agam, pembersihan dilakukan menggunakan alat berat sejak Selasa malam. 

Sebelumnya ruas jalan itu tidak bisa dilewati karena material longsor di Bukik Baapik kembali menimbuni ruas jalan yang dua bulan terakhir kerap dilanda longsor.

"Kita bekerja sama dengan masyarakat dan TNI, KSB, kecamatan dan nagari sebelumnya dilakukan secara manual dan sebagian petugas memandu kendaraan yang hendak melintas," katanya.

Sementara itu Camat Malalak Ricky Eka Putra menghimbau masyarakat yang akan melintasi untuk tetap berhati-hati karena potensi guguran material lumpur dan pasir masih sering terjadi, apalagi jika curah hujan tinggi.

“Kami minta masyarakat tetap waspada, jika cuaca hujan, sebisa mungkin tidak melintas di jalur ini karena tanah perbukitan di kawasan ini masih rawan longsor," imbaunya.

(jhn/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga