Pecandu Narkoba Didominasi dari Generasi Muda, BNNP: Pencegahan Sedini Mungkin Sangat Perlu

Pecandu Narkoba Didominasi dari Generasi Muda BNNP Pencegahan Sedini Mungkin Sangat Perlu Ilustrasi Kantor BNNP Sumbar(Foto: Istimewa)

Covesia.com - Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat (Sumbar), Josra Maidi menyebutkan, pecandu narkoba didominasi para generasi muda, yaitu mereka yang masih masa pertumbuhan, seperti pelajar dan mahasiswa.

"Mereka itulah yang sangat rentan sekali terhadap penyalahgunaan narkoba," kata Kabid Rehabilitasi BNNP, Josra Maidi kepada Covesia, pada Selasa (23/6/2020).

Lanjut Josra, para bandar banyak memanfaatkan anak-anak tersebut untuk jadi kurir, dengan iming-imingi digratiskan pemakaiannya. 

"Untuk itu sangatlah perlu pencegahan sedini mungkin terhadap generasi muda tersebut. Mulai dari lingkungan keluarga terhadap anak-anaknya dan sekolah, mereka itu harus terlibat," ungkapnya. 

Dikatakan Josra, masalah keimanan harus ditonjolkan dalam pergaulan mereka itu. Karena kalau sudah jadi pecandu susah untuk dipulihkan, sebab kemungkinan untuk mengulangi akan ada. 

"Intinya untuk lepas dari narkoba harus ada niat dari pecandu itu sendiri, percuma saja direhab kalau memang niatnya tidak ada," jelasnya. 

Josra juga mengatakan, kalau seandainya pecandu tersebut dihadapkan dengan masalah, di sana peran keluarga atau orang terdekat sangat penting untuk mengingatkannya.

"Para pecandu narkoba ini tidak bisa dengan permasalahan hidup, karena disaat mereka terbentur masalah maka larinya ke narkoba lagi, makanya itu mereka tersebut butuh pendampingan seperti keluarga untuk mengingatkan sangatlah diharapkan," ungkapnya. 

"Kalau kami di BNNP, seperti melalui program pemulihan berbasis masyarakat (PBM) atau rehabilitasi berbasis masyarakat (RBM), setelah itu ada namanya agen rehabilitasi," kata dia.

(per/don)

Berita Terkait

Baca Juga