SMA 2 Pariman Juga Sediakan Layanan Pendaftaran Langsung ke Sekolah

SMA 2 Pariman Juga Sediakan Layanan Pendaftaran Langsung ke Sekolah Foto: Antara

Covesia.com - Puluhan calon siswa di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) mendatangi Sekolah Menengah Atas (SMA) di daerah itu untuk melakukan pendaftaran karena website Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA yaitu ppdbsumbar2020.id tidak bisa diakses.

"Kalau daftar online atau daring websitenya eror, jadi tidak bisa," kata salah seorang calon siswa yang datang ke SMAN 2 Pariaman Melati Priska di Pariaman, Senin (22/6/2020).

Menurutnya hal itu terjadi karena banyaknya orang yang mengakses website yang disediakan oleh pemerintah untuk mendaftar ke SMA sehingga situs tersebut menjadi eror.

Dengan datang langsung, dirinya merasa ada kepastian dari pihak sekolah bahwa berkas pendaftarannya lengkap.

Tak berbeda, calon siswa lainnya Fabriandi Malfisah mengatakan dengan datang sekolah maka ia merasa puas karena ada kepastian berkas pendaftarannya diterima.

"Kalau daring tidak puas karena websitenya sulit diakses," katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Pariaman Jaslidar mengatakan dirinya tidak mengetahui pasti penyebab website PPDB tidak bisa diakses namun kedatangan siswa ke sekolah itu sebagian besar karena ingin mengetahui pasti alur pendaftaran ke SMA.

Oleh karena itu pihaknya menyediakan layanan pendaftaran untuk siswa yang tidak bisa mendaftar baik karena sulit mengakses website maupun karena jaringan internet atau tidak memiliki perangkat gawai atau komputer.

"Jadi kami bisa membantu mendaftarkan langsung atau memberikan petunjuk kepada orang tua calon siswa dan calon siswa itu sendiri," ujarnya.

Ia menyampaikan jadwal pendaftaran SMA untuk tahap pertama dimulai dari 22 Juni hingga 25 Juni 2020 yang pengumuman penerimaan 27 Juni, sedangkan pendaftaran ulang 27 sampai dengan 28 Juni 2020.

Lalu pendaftaran siswa melalui jalur prestasi dimulai dari 29 Juni hingga 1 Juli 2020 yang pengumuman penerimaan 2 Juli 2020, sedangkan pendaftaran calon siswa mulai dari 3 Juli sampai dengan 4 Juli 2020.

Selanjutnya pendaftaran SMA tahap kedua atau jalur zonasi mulai dari 6 Juli sampai 9 Juli 2020 sedangkan pengumuman penerimaan 10 Juli 2020, sedangkan pendaftaran ulang calon siswa yang diterima 10 sampai dengan 11 Juli.\

(hms.sumbar/ant)

Berita Terkait

Baca Juga