BNNP Sumbar Libatkan Masyarakat dalam Proses Rehabilitasi Pecandu Narkoba

BNNP Sumbar Libatkan Masyarakat dalam Proses Rehabilitasi Pecandu Narkoba Kabid Rehabilitasi BNNP Sumbar, Josra Maidi (Foto: dok.pribadi)

Covesia.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat (Sumbar), ikut melibatkan masyarakat dalam proses rehabilitasi terhadap para pecandu narkoba.

Karena kata Kepala Bidang Rehabilitasi BNNP Sumbar, Josa Maidi, masyarakat tersebut berperan untuk memulihkan fungsi sosial, kreativitas dan produktivitas bagi mantan pecandu narkoba itu. 

"Seperti pasca-rehabilitasrasi, masyarakat harus ikut memantau para pecandu narkoba ini, dan diharapkan juga bisa memberikan ruang kreativitas bagi para pecandu tersebut," ungkap Josa pada covesia, Selasa (23/6/2020).

Dikatakan Josa, selama ini setelah selesai rehabilitasi masyarakat tergolong tidak peduli terhadap mayoritas mantan pecandu narkoba tersebut. 

"Para mantan pecandu narkoba memiliki hak untuk bangkit dan mereka generasi penerus bangsa," ujarnya. 

Josa juga mengatakan, saat ini untuk jumlah pasien yang melakukan rawat jalan di BNNP Sumbar, ada sekitar 80 orang pasien. 

"Klien tersebut kami kontrol melalui aplikasi, yaitu telfon, Zoom dan WhatsApp. Karena itu Standar Operasional Prosedur (SOP) Covid-19, untuk meminimalisir penyebarannya," ungkapnya. 

Dijelaskan Josra, mereka yang rawat jalan ini, yaitu teman-teman penyalahguna belum terlalu parah dalam pemakaian narkoba. 

(per/don)

Berita Terkait

Baca Juga