Antisipasi Penyebaran Covid-19, Wabup Pasaman Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Antisipasi Penyebaran Covid19 Wabup Pasaman Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama bersama bersama Forkopimda setempat disela-sela pool tes Swab, Senin (22/6/2020) tadi.

Covesia.com - Gugus tugas percepatan penanggulangan Virus Corona Disease (Covid-19) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Ketua gugus tugas percepatan penanggulangan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Pasaman, Yusuf Lubis melalui Wakil Bupati, Atos Pratama mengatakan langkah antisipatif bersama untuk memutus mata rantai Covid-19 sangat diperlukan dalam mencegah terinfeksi virus corona.

"Sebagaimana kita ketahui ada tiga warga kita positif Covid-19 masing-masing berinisial H, YM dan VY berdasarkan hasil tes Swab dari Laboratirum Unand Padang. Maka dari itu kami minta semua masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada dalam beraktifitas sehari-hari. Memakai masker, rajin mencuci tangan, pakai hand sanitizer, dan menjaga PHBS," kata Atos Pratama bersama Forkopimda setempat disela-sela pool tes Swab, Senin (22/6/2020).

Atos Pratama juga mengimbau kepada masyarakat yang pernah kontak dengan ketiga pasien agar melaporkan diri untuk melakukan tes Swab bersama tenaga medis kesehatan setempat.

"Petugas kesehatan Pasaman sudah kami perintahkan untuk mentracking riwayat kontak sosial ketiga pasien sejak Minggu (21/6/2020) kemarin. Dari hasil tracking itu sudah dilakukan pool tes Swab di basmen Kantor Bupati Pasaman sejak tadi pagi hingga pukul 15.00 WIB tadi. Namun bagi yang pernah kontak dan belum memeriksakan diri agar secepatnya melapor kepada petugas kesehatan untuk dilakukan tes Swab," tambah Atos Pratama.

Ia menyebutkan bahwa akan dilakukan tes Swab lanjutan terhadap warga yang sempat kontak dengan ketiga pasien Covid-19.

"Kita masih menunggu hasil tracking tambahan dan warga yang melaporkan diri untuk dilakukan tes Swab lagi. Agar mata rantai Covid-19 ini benar-benar terputus," katanya.

Ia berharap semua masyarakat tetap tenang dan hati-hati menerima informasi yang ada ditengah adanya tiga warga Pasaman yang terinfeksi Covid-19.

"Tetap tenang dan jangan sampai panik serta jangan menyebarkan informasi yang salah kepada masyarakat. Kepada masyarakat juga diminta untuk hati-hati dan memfilter setiap informasi yang diterima. Percayalah, kami dari gugus tugas sangat serius dalam penanggulangan Covid-19 ini," tutupnya.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga