Sempat Tertimbun Material Longsor, Akses Lalu Lintas Matur - Palembayan Agam Sudah Bisa Dilewati

Sempat Tertimbun Material Longsor Akses Lalu Lintas Matur  Palembayan Agam Sudah Bisa Dilewati Longsor di Jorong Muko Jalan Nagari Tanjung Sani Minggu (21/6/2020) malam (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Ruas jalan Provinsi Matur- Palembayan, Kabupaten Agam, Sudah bisa dilewati pagi ini pasca longsor yang terjadi dibeberapa titik, Minggu (21/6/2020) malam.

Camat Palembayan, Ridwan Nusa mengatakan saat ini jalan alternarif Matur - Pasaman Barat ini sudah bisa dilewati kendaraan roda 2 maupun 4.

"Kita gerak cepat, dini hari tadi langsung menyingkirkan material longsor di badan jalan, saat ini sudah bisa dilewati kendaraan melalui sistem buka tutup," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Senin (22/6/2020).

Sementara itu untuk evakuasi lanjutan pihaknya sudah  berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumbar untuk menurunkan alat berat.

"Alat berat saat ini sedang berada di jalan alternatif Bukittingi - Padang Kecamatan Malalak, karena tadi malam di daerah setempat juga terjadi longsor. Usai membersihkan disana, alat berat lansung terjun kesini," katanya.

Dijelaskan Ridwan Nusa, dampak hujan lebat yang terjadi di wilayah Kabupaten Agam, Sumbar pada Minggu (21/6/2020) sore, memicu terjadinya longsor di Kecamatan Palembayan, sebanyak 8 titik di ruas jalan provinsi jalur Palembayan – Matur 

Titik terparah terjadi di Sungai Taleh, Nagari Baringin, kecamatan Palembayan dan ditambah 7 titik lainnya yang tidak begitu besar.

"Untuk di Sungai Taleh, volume longsor yang cukup besar, mencapai panjang 50 meter, dengan ketinggian sekitar 80-100 cm dari permukan jalan yang mengakibatkan akses lalulintas putus total. Sementara itu  di 7 titik lainnya bisa ditangani secara manual," jelasnya.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga