Verifikasi Administrasi, KPU Temukan 4800 Lebih Dukungan Ganda Calon Perseorangan di Limapuluh Kota

Verifikasi Administrasi KPU Temukan 4800 Lebih Dukungan Ganda Calon Perseorangan di Limapuluh Kota KPU Limapuluh Kota (Foto:dok.covesia)

Covesia.com - Setelah adanya ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menggelar Pilkada tanggal 9 Desember 2020 mendatang, KPU Kabupaten Limapuluh Kota mulai menjalankan proses Pilkada untuk wilayah setempat.

Kegiatan pertama, dimulai dengan melanjutkan proses Verifikasi Faktual untuk dua calon perseorangan yang telah mendaftar Februari 2020 silam. Dalam pengechekan Verifikasi Administrasi (Vermin-red) ditemukan 4891 dukungan ganda. 

Dukungan ganda ini dimaksud pendukung memberikan dukungannya kepada kedua calon perseorangan yaitu Pasangan Ferizal Ridwan - Nurkhalis dan Maskar Dt Pobo - Masril.

Namun, dukungan ganda ini tetap dimasukkan ke dukungan masing-masing calon perseorangan dan dikategorikan sebagai Memenuhi Syarat (MS). Namun, dukungan ganda ini akan menjadi catatan bagi petugas KPU yang akan melakukan verifikasi faktual di lapangan tanggal 27 Juni 2020 nanti.

Dalam data KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Dukungan yang memenuhi syarat untuk paslon Ferizal Ridwan - Nurkhalis adalah sebanyak 29.273 dukungan. Sedangkan paslon Maskar Dt Pobo -  Masril sebanyak 25.411 dukungan. 

Untuk dukungan ganda pada paslon Ferizal Ridwan - Nurkhalis sebanyak 4.891 dukungan. Sedangkan pada paslon Maskar Dt Pobo - Masril sebanyak 4.889 dukungan. 

"Jadi dalam verifikasi administrasi ditemukan  dukungan ganda. Pendukung itu memberikan dukungannya kepada kedua paslon. Kami menemukan pada paslon Ferizal - Nurkhalis sebanyak 4.891 dan Paslon Maskar - Masril 4.889. jadi ada perbedaan dua dukungan ganda," kata Rina Safitri, Komisioner KPU Limapuluh Kota Bidang Teknis dan Penyelenggaraan kepada Covesia.com, Jumat (19/6/2020).

Disebutkannya, dua dukungan yang berbeda tersebut dikarenakan ada dua dukungan tercantum sebanyak dua kali pada berkas dukungan Ferizal Ridwan - Nurkhalis. Namun hal tersebut tidak mengurangi jumlah dukungan yang akan di verifikasi faktual oleh petugas KPU di lapangan.

"Jadi ada dua orang warga yang memberikan tiga kali dukungannya. Dua ke Ferizal-Nurkhalis dan satu kepada Maskar - Masril," ucap Rina.

Setelah ini, KPU Limapuluh Kota akan melaksanakan Verifikasi Faktual kepada seluruh dukungan dua paslon ini yang dimulai tanggal 27 Juni hingga 10 Juli 2020. 

"Verifikasi faktual akan dilaksanakan selama 14 hari tanggal 27 juni hingga 10 Juli 2020. Tanggal ini kami sesuaikan dengan jadwal KPU Provinsi Sumbar. Walaupun pada PKPU dijadwalkan tanggal 24 Juni hingga 13 Juli 2020," katanya.

Untuk hasil final verifikasi faktual, akan diumumkan KPU dalam bentuk rekap data. Jika dukungan paslon tidak mencapai syarat minimal sebanyak 22.539 dukungan, akan dilakukan masa perbaikan. Paslon akan dibebani dua kali lipat dukungan yang kurang dari syarat minimal.

(Agg)

Berita Terkait

Baca Juga