Genjot Hasil Pertanian, BPTP Sumbar Lakukan Pengendalian Hama di Tanjung Raya Agam

Genjot Hasil Pertanian BPTP Sumbar Lakukan Pengendalian Hama di Tanjung Raya Agam Hama Tikus yang menyerang pertanian warga di di Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Kamis (18/6/2020)(Foto: Ist)

Covesia.com - Antisipasi serangan hama tanamam, Balai Pengkajian Tekhnologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Pemda Agam lakukan gerakan pengendalian hama tikus di Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Kamis (18/6/2020).

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengatakan, program tersebut merupakan tindakan pencegahan karna populasi Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) tikus terpantau sudah mulai meningkat.

"Untuk menggenjot hasil pertanian, selain proses penanam dan perawatan tentunya perlu diperhatikan hama yang bisa merusak, dari laporan masyarakat setempat. Populasi OPT tikus sudah mulai meningkat jadi sebelum semakin banyak menyerang tanaman padi masyarakat perlu tindakan pengendalian," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com.

Selain melakukan pengendalian hama pihaknya juga memberikan pelatihan singkat tentang cara pengendalian hama serta strategi meningkatkan hasil panen padi masyarakat.

"Alhamdulillah masyarakat beserta kelompok tani cukup antusias, untuk kedepannya tentu perlu pembaharuan kearah yang lebih baik untuk sistem pertanian," lanjutnya.

Meskipun dalam rangka menggenjot hasil pangan pihaknya terus menghimbau masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kecamatan Tanjung Raya.

"Dalam sosialisasi tadi kita juga tidak lupa menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga jarak serta tidak lupa mencuci tangan dan selalu menggunakan masker," tutupnya.

(jhn)


Berita Terkait

Baca Juga