SMAN Tanjung Raya Agam Sediakan 250 Kursi untuk Calon Siswa Baru

SMAN Tanjung Raya Agam Sediakan 250 Kursi untuk Calon Siswa Baru Kepsek SMAN 1 Tanjung Raya Burmal, saat memantau kesiapan sejumlah kursi yang telah disediakan sekolahnya (Foto: Covesia/ Johan)

Covesia.com - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sediakan 250 Kursi untuk calon siswa didik baru.

Ketua SMAN 1 Tanjung Raya, Burmal mengatakan, pada Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA sederajat tahun ini dimulai 22 Juni 2020 secara online dengan skema penerimaan siswa menggunakan sistem zonasi sebanyak 50 persen hal itu sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat. 

"Kita memutuskan skema penerimaan mengikuti sepenuhnya arahan dari pemerintah pusat, menggunakan sistem zonasi murni sebanyak 50 persen,  dari siswa didik baru dan ditambah dengan skema jalur prestasi dan lainnya," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Kamis (18/6/2020).

Dijelaskan Burmal, penerimaan pendaftaran siswa baru akan dimulai pada Senin (22/6/2020) depan dengan sistem online. Para siswa didik tidak perlu datang ke sekolah, cukup mengisi formulir di website yang sudah ditentukan.

Kemudian, dilanjutkan dengan jalur prestasi bagi calon siswa yang berprestasi. Indikatornya adalah prestasi seperti di bidang olahraga dan keagamaan. Seperti hafal Alquran dan medali dalam bidang olahraga. "Untuk jalur Prestasi sesuai ketentuan kita menyedian 30 persen dari kuota sekolah," lanjutnya.

Ada jalur inklusi dan jalur afirmasi, jalur ini disediakan khusus untuk calon siswa yang tidak mampu. Sekolah harus menerima siswa dari jalur ini minimal 15 persen dari kuota sekolah. "Terakhir jalur perpindahan tugas orang tua/wali. Jalur ini paling banyak hanya boleh diisi 5 persen dari kuota sekolah," tutupnya.

(hms/sumbar/jhn)

Berita Terkait

Baca Juga