Kesulitan Geografis Desa, BPS Kota Pariaman Lakukan Updating Podes

Kesulitan Geografis Desa BPS Kota Pariaman Lakukan Updating Podes Kepala BPS Kota Pariaman, Yuliandri

Covesia.com - Untuk menyediakan data dasar menghitung indeks kesulitan geografis, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), melakukan pemuktahiran data perkembangan desa atau Updating potensi desa (Podes).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BPS Kota Pariaman, Yuliandri saat dihubungi covesia pada Rabu (18/6/2020).

"Selain itu, Updating Podes juga menyediakan data untuk Daerah Dalam Angka (DDA), khususnya data infrastruktur seperti fasilitas pendidikan dan fasilitas kesehatan," ungkapnya. 

Kemudian, menyediakan data untuk indeks desa (ID). Yuliandri mengatakan, Updating Podes ini dilakukan untuk seluruh desa yang ada di Kota Pariaman.

"Ini merupakan kegiatan prioritas nasional yang dilakukan disetiap tahunnya," jelasnya. 

Pendataannya menggunakan aplikasi CAPI berbasis Android, kemudian pemeriksaan dan monitoring menggunakan aplikasi web online.

Dikatakan Yuliandri, untuk di Kota Pariaman Updating Podes ini dilakukan oleh sembilan orang mitra BPS dan satu orang petugas organik. 

"Mereka ini turun ke lapangan untuk mewawancarai kepala desa yang ada di Kota Pariaman, mulai 15 Juni 2020 hingga 17 Juli nanti," ucapnya. 

Untuk itu Yuliandri, berharap agar kepala desa yang ada di Kota Pariaman, untuk jujur dalam memberikan informasi kepada pihaknya. 

(per)

Berita Terkait

Baca Juga