Satlantas Polres Pariaman Berikan Perpanjangan SIM Gratis Bagi yang Lahir 1 Juli

Satlantas Polres Pariaman Berikan Perpanjangan SIM Gratis Bagi yang Lahir 1 Juli Kasat Lantas Polres Pariaman, Iptu Muhammad Sugindo

Covesia.com - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-74, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman memberikan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) A dan C gratis bagi masyarakat yang lahir pada 1 Juli.

Hal itu diungkapkan oleh Kasat Lantas Polres Pariaman, Iptu Muhammad Sugindo pada Kamis (18/6/2020).

"Bagi masyarakat yang ingin memperpanjang SIM yang akan mati bisa langsung mendaftar, dengan syarat lahir atau ulang tahun pada 1 Juli," sebut Iptu Muhammad Sugindo.

Lanjut Sugindo, sebenarnya masyarakat tetap bayar karena ada biaya Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP). Tapi PNBP ini dibayarkan oleh sponsor yang digandeng oleh Satlantas Pariaman.

"Masyarakat digratiskan biaya PNBP, karena biayanya nanti akan ditanggung oleh sponsor," ujarnya. 

Sugindo mengatakan, yang menjadi sponsor yaitu, Bank BRI, Honda Hayati, Yamaha dan Adira. 

"Sedangkan untuk kuotanya sendiri itu terbatas tergantung kemampuan dari sponsor tersebut. Makanya itu bagi masyarakat yang lahir 1 Juli untuk bisa mengajukan perpanjangan SIM secepatnya," katanya. 

Sugindo menyebutkan, program ini dimulai 15 Juni hingga 1 Juli mendatang. Namun juga perlu diketahui, selain lahir atau ulang tahun pada 1 Juli, syarat lainnya sama dengan perpanjangan SIM biasa yaitu memiliki surat keterangan sehat serta psikologi.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga