Diduga Dicuri, Pagar Pembatas Jalan Rusak dan Ancam Keselamatan Pengendara

Diduga Dicuri Pagar Pembatas Jalan Rusak dan Ancam Keselamatan Pengendara Pagar Jalan Nasional Bukit Taratak Sutera-Batangkapas Pessel diduga rusak (Foto: Indra Yen/Covesia)

Covesia.com - Guardrail atau baut pagar pembatas jalan yang berada di kawasan jalan nasional Bukit Taratak Sutera-Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat hilang. Kuat dugaan guardrail itu sengaja dicuri orang. 

Pantauan Covesia.com dilapangan, beberapa besi pembatas jalan di kawasan tersebut, lepas dan tidak terpasang secara utuh. Sebab, beberapa jumlah guardrail atau baut pagar besi dari pembatas jalan itu tidak adalagi terpasang dan rusak. 

"Sudah lama, pagar besi itu copot dan tanggal. Diduga, baut-baut besi sengaja dibukan dan dicuri urang yang tidak bertanggung jawab," sebut salah seorang warga setempat Supriadi (34) kepada Covesia.com, Rabu (17/6/2020).

Ia menambahkan, kondisi hilangnya baut-baut pagar pembatas jalan itu, diketahuinya rusak sudah berlangsung lama. 

Namun, sampai saat ini pihak pemerintah belum ada melakukan perbaikan. Sehinggah, akibat baut-baut itu dicuri dan dicopot, beberapa besi pagar jalan lepas. 

"Sudah hampir 5 bulan ini, pagar jalan itu lepas. Setelah dilihat, baut-bautnya sudah tidak ada," ucapnya.

Sementara terkait hal itu, Anggota DPRD Pessel, Novermal Yuska mengatakan sangat menyesalkan perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang telah melakukan pencurian baut-baut pagar jalan di Pessel. 

"Kita minta penegak hukum tidak boleh lengah terkait kejadian tersebut, ini sudah merusak fasilitas umum yang dibiayai oleh negara," katanya.

Menurutnya, dirinya menilai perbuatan tersebut, dilakukan oleh kelompok spesialis pencurian baut dan besi pagar pengaman jalan di Sumatera Barat. 

Selain dijalan nasional Bukit Taratak itu kata Novermal, kejadian serupa juga terjadi di Kawasan Wisata Bahari Mandeh. 

"Kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi pengguna jalan (pengendara). Sebab, di balik pagar pengaman jalan tersebut ada jurang-jurang yang sangat dalam," ucapnya lagi.

Terkait kondisi tersebut, ia berharap agar jajaran Balai Pelaksana Jalan Nasional Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), segera memperbaikinya. Menurutnya, pemasangan baut tersebut meski diperkuat dengan memasang las untuk menghindari pencurian dikemudian hari.

"Kita semua wajib menjaga aset negara ini agar tidak dicuri lagi. Jika melihat atau menemukan pelakunya, segera laporkan ke polisi terdekat. Selain itu, kami juga meminta jajaran Polisi Resort Pesisir Selatan proaktif mengusut kasus ini. Save pengaman jalan," tutupnya

(ind)

Berita Terkait

Baca Juga