Satu Unit Alat Berat Diturunkan untuk Bersihkan Material Longsor di Tanjuang Sani Agam

Satu Unit Alat Berat Diturunkan untuk Bersihkan Material Longsor di Tanjuang Sani Agam Material longsor yang menghambat akses jalan di Tanjuang Sani, Kabupaten Agam, Rabu malam (3/6/2020)(Foto: dok.bpbd)

Covesia.com - Satu unit alah berat di turunkan guna membersihkan material longsor di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUTR Agam guna peminjaman satu unit alat berat yang rencananya akan didatangkan pagi ini.

"Alah berat sedang berada di Kecamatan Malalak, dan akan dikirim pagi ini jadi menjelang alat berat datang kita tetap lakukan pembersihan secara manual," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Kamis (4/6/2020).

Dari hasil evakuasi sementara  rumah yang terdampak longsor sebagian besar sudah dibersihkan serta akses lalulintas sudah bisa dilewati kendaraan.

"Dini hari tadi akses lalu-lintas sudah terbuka dan bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun empat, namun timbunan longsor yang berada di kedua sisi jalan masih tinggi dan rencananya disingkirkan hari ini," katanya.

Selain itu hari ini juga diagendakan pemerintah Kabupaten Agam akan menyalurkan bantuan berupa sembako, perlengkapan tidur dan mandi bagi keluarga yang terdampak bencana tanah longsor.

Sebelumnya diberitakan, curah hujan tinggi yang mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Agam, Rabu (3/6/2020) sore memicu terjadinya longsor di Nagari Tanjung Sani.

Akibat bencana tersebut 2 unit rumah dilaporkan rusak berat serta 3 unit lagi surak sedang. Selain itu sebanyak 17 warga terpaksa diungsikan ketempat yang lebih aman.

(jhn)

Berita Terkait

Baca Juga