Pembongkaran Sisa Jembatan Kayu Gadang Padang Pariaman Tewaskan Pekerja

Pembongkaran Sisa Jembatan Kayu Gadang Padang Pariaman Tewaskan Pekerja Ilustrasi

Covesia.com - Lima orang pekerja tertimpa reruntuhan jembatan Kayu Gadang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar). Satu orang pekerja yang merupakan warga Padang Sidimpuan, Sumatera Utara dinyatakan meninggal dunia.

Hal itu dibenarkan oleh Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Pariaman Budy Mulia, katanya korban yang meningga atas nama Habibul Rasyd Hasibuan (27) merupakan warga Padang Sidempuan.

"Iya, korban sudah dipulangkan ke kampung halamannya," kata Budy pada Rabu (3/6/2020).

Dikatakan Budy, untuk korban lain yang tertimpa runtuhan jembatan tersebut yaitu, Adek (35) dan Pen (45) merupakan warga Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman

Kemudian, David (30) warga Lubuk Buaya, Kota Padang dan Edo (28) warga Kecamatan Lubuk Alung. Selain satu orang meninggal dunia, keempat korban lain mengalami luka berat. 

Diceritakan Budy, jembatan itu ambruk pada Selasa (2/6/2020) sekitar pukul 16.00 WIB, saat itu korban tersebut hendak melakukan pembongkaran jembatan. Namun naasnya jebatan itu ambruk sehingga menimpa pekerja tersebut. 

"Karena korban-korban ini terjepit sehingga cukup memakan waktu petugas untuk mengavakuasi. Sekitar pukul 18.20 WIB baru bisa, dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Pariaman," ungkapnya. 

Budy juga mengatakan, jembatan tersebut dibongkar karena akan dilakukan pembangunan jembatan permanen dengan nilai kontrak sekitar Rp22 miliar yang dananya dari pemerintah pusat.

Makanya untuk membangun jembatan permanen, pihak kontraktor membongkar jembatan darurat yang dibangun pada akhir 2017 lalu, serta sisa jembatan yang ambruk pada tahun yang sama.

Saat ini pihaknya juga sedang mengkaji penyebab ambruknya jembatan yang sedang dibongkar tersebut.

(pri)


Berita Terkait

Baca Juga