Antisipasi Penyebaran Covid-19, IKM di Pariaman Diminta Pasarkan Produk dengan Manfaatkan Teknologi

Antisipasi Penyebaran Covid19 IKM di Pariaman Diminta Pasarkan Produk dengan Manfaatkan Teknologi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit

Covesia.com - Memasarkan produk di tengah wabahnya Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) meminta, pelaku industri kecil menengah (IKM) di daerah itu untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit mengatakan, hal ini juga sebagai langkah untuk meningkatkan jual beli serta mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Pariaman. 

"Itu juga sebagai sarana dalam memasaran produk dengan tantangan kehidupan saat sekarang ini, di tengah wabah Covid-19 sehingga mengharuskan orang mengurangi berpergian dan berkerumun," ungkapanya, Minggu

Gusniyetti Zaunit juga menyebutkan, sejauh ini pelaku usaha maupun industri kecil di Kota Pariaman, belum memaksimal pemanfaatan teknologi dalam hal memasarkan produk.

"Padahal saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, dan peluang penjualan melalui daring juga semakin besar," jelasnya. 

"Contoh saja kota besar seperti, Jakarta ataupun Bandung yang mungkin beberapa tahun sebelumnya jual beli daring tidak begitu pesat, tapi sekarang sudah maju dan dapat meningkatkan pendapatan pelaku usahanya," terangnya. 

Dikatakan Gusniyetti, sebenarnya ada banyak aplikasi yang telah disediakan baik dari pihak swasta maupun pemerintah daerah yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Seperti aplikasi yang diciptakan oleh pemerintah daerah Sumbar yaitu Bajojo.id dan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemkot Pariaman yaitu Pariaman Mall.

"Dua aplikasi ini dapat dimanfaatkan pelaku IKM atau pelaku usaha juga bisa membuat aplikasi sendiri, yang penting jaga kualitas produk dan kepercayaan konsumen," ujarnya.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga