36 Siswa SMKN 1 Sutera Lulus Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

36 Siswa SMKN 1 Sutera Lulus Diterima di Perguruan Tinggi Negeri SMKN 1 Sutera Pessel. (Istimewa)

Covesia.com - Di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia, sebanyak 36 siswa Sekolah Menengah Kejuaraan Negeri (SMKN) 1 Kecamatan Sutera, Pesisir Selatan berhasil lulus murni di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Sumbar. 

"Sebanyak 36 siswa kita lulus murni di beberapa perguruan tinggi negeri di Sumbar, dan jumlah itu paling banyak sepanjang sejarah sekolah ini, dan juga terbanyak di Pessel di antara SMKN lainnya," ujar Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera, Lili Suriati Covesia.com Sabtu (30/5/2020). 

Ia menjelaskan, 36 siswa yang berhasil lulus itu, lulus melalui jalur SNMPTN dan SPAN PTKIN. 

Untuk jalur PMDK SNMPTN, ada sebanyak 6 orang siswa yang berhasil lulus, dan SNMPTN jalur biasa sebanyak 9 siswa. 

"Untuk jalur PMDK SNMPTN, mereka lulus di Politeknik Negeri Padang,"katanya

Kemudian, melalui jalur SNMPTN seluruh perguruan tinggi negeri lainnya, sebanyak 9 orang siswa di antaranya lulus di Universitas Negeri Padang (UNP) dan Universitas Andalas (Unand). 

"17 siswa lainnya, melalui jalur SPANPTKIN perguruan tinggi negeri agama, rata-rata mereka lulus di UIN IB Padang dan IAIN Bukittinggi. Alhamdulillah, ini yang pertama kali terbanyak siswa kita lulus di Universitas Negeri besar dan unggul di Sumbar," ujarnya

Hasil tersebut dapat diraih kata Lili, tidak terlepas dari program dan semangat setiap guru dimasing-masing jurusan di SMKN 1 Sutera. 

Sebab, selesai pelaksanaan UN dilakukan, setiap guru dan masing-masing wali kelas, melakukan program bimbingan masuk perguruan tinggi dan memotivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

"Kita mengasih bimbingan masing-masing jurusan kepada siswa yang mau mendaftar perguruan tinggi mana yang diminati oleh siswa,"ujarnya lagi 

Selain, bimbingan untuk masuk perguruan tinggi, guru-guru di SMKN 1 Sutera, juga memotivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. 

"Dari upaya yang kita lakukan itu. Alhamdulillah, sebanyak 36 siswa kita berhasil lulus murni dibeberapa perguruan tinggi negeri ternama di Sumbar,"ucapnya 

Lanjutnya, untuk tahun depan katanya lagi, selepas pandemi Covid-19 ini, pihaknya dari sekolah memiliki target siswa SMKN 1 Sutera, bisa lulus di perguruan tinggi negeri diluar Sumatera. 

"Tahun depan, kita upayakan membimbing siswa lulus di perguruan tinggi negeri luar Sumatera seperti di Jawa. Karena, kemarin siswa masih banyak yang ragu untuk melanjutkan kuliah. Ditahun depan itu, kita targetkan minat siswa untuk kuliah juga meningkat,"pungkasnya

(hms.sumbar/ind)

Berita Terkait

Baca Juga