Satu Warga Padang Pariaman Dinyatakan Positif Covid, 35 Orang Jalani Tes Swab

Satu Warga Padang Pariaman  Dinyatakan Positif Covid 35 Orang Jalani Tes Swab Foto: Saat petugas medis melakukan tes swab terhadap 35 orang warga Padang Pariaman

Covesia.com - Puskesmas Pauh Kamba, Padang Pariaman, melakukan tes swab terhadap 35 orang warga daerah itu. 

Warga yang tes swab tersebut merupakan hasil tracking dari satu orang warga Padang Pariaman yang dinyatakan positif Covid-19, merupakan petugas lapas Sijunjung. 

Kemudian hasil tracking dari seorang pasien yang berobat di TMC Kota Pariaman karena mengalami gejala sesak nafas dan hasil rapid tesnya reaktif yaitu mengarah kepada Covid-19.

"35 orang ini dari dua nagari yakni Nagari Pauh Kamba dan Nagari Padang Kandang Pulau Air Padang Bintuangan, Kecamatan Nan Sabaris," sebut Kepala Puskesmas Pauh Kamba, Fitri Matondang saat pengambilan sampel swab di halaman kantor Polsek Nan Sabaris, pada Jumat (29/5/2020).

Lanjut Fitri, 35 orang ini merupakan keluarga dari pasien dan kontak langsung dengan pasien tersebut.

Fitri menjelaskan, rincian dari 35 orang yang dilakukan tes swab tersebut, 18 orang merupakan hasil tracking dari petugas lapas Sijunjung, dan sisanya dari pasien yang pernah berobat di TMC karena mengalami gejala sesak nafas.

"Untuk pasien yang pernah berobat di TMC itu, sebelumnya sudah pernah dilakukan rapid tes dan hasil reaktif yaitu mengarah kepada Covid-19. Ia itu adalah warga Nagari Padang Kandang Pulau Air Padang Bintuangan saat ini sudah diisolasi di RSUD Pariaman," jelasnya.

Fitri menyebutkan, untuk hasil swab 35 orang warga tersebut diperkirakan dalam dua hari ini hasil swabnya akan ke luar. Sebab semua sample ini akan langsung dikirim ke Labor Unand.

"Jelang hasi tes swab ke luar, mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri dulu, sesuai dengan ketentuan, dan pengawasan oleh satgas Covid-19 di nagari ataupun di kecamatan," ucapnya.

Saat proses pengambilan sampel tes swab itu dihadiri langsung olah Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur. 

"Saya sangat mengampersiasi kesadaran masyarakat yang rela datang untuk pengambilan sample ini. Artinya masyarakat kita sangat peduli terhadap upaya pencegahan Covid-19 tersebut," kata Suhatri Bur.

Suhatri Bur berharap, agar warga yang melakukan tes swab ini hasilnya negatif. Tapi jika memang ada yang positif akan lakukan karantina, apakah itu di Kota Padang atau pun diisolasi mandiri dengan ketentuan yang ada.

"Ini buka aib jadi jangan engan untuk dilakukan tes swab, jika masih ada yang belum terdata oleh satgas maka silahkan dilaporkan, agar dilakukan tes, dan demi kabaikan bersama," katanya.

(per/adi)

Berita Terkait

Baca Juga