Dharmasraya - New Normal: yang Ikut Aturan akan Selamat

Dharmasraya  New Normal yang Ikut Aturan akan Selamat Ilustrasi - Dok.Covesia

Covesia.com - Kondisi new normal segera akan diterapkan. New normal  adalah istilah yang merujuk kepada pola hidup baru di situasi pandemi virus Corona jenis baru.

Kepala Dinas Kesehatan dr Rahmadian S sebagai Juru bicara Penanganan Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya menjelaskan, pola hidup baru maksudnya masyarakat menerapkan protokol kesehatan berupa rajin mencuci tangan dengan sabun, selalu mengenakan masker, selalu menjaga jarak, hingga menghindari kerumunan supaya terhindar dari COVID-19, penyakit pandemi yang diperkirakan WHO tak bakal hilang dalam waktu dekat ini.

Syarat daerah bisa terapkan new normal diteken langsung oleh Menkes Terawan Agus Putranto lewat Surat Edaran nomor HK.02.01/MENKES/335/2020 tentang pencegahan penularan virus Corona di tempat kerja sektor usaha dan perdagangan dalam mendukung keberlangsungan usaha.

Ada pula panduan bekerja di situasi new normal, tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha pada Situasi Pandemi.

"New normal diterapkan usai tempat kerja perkantoran diliburkan, bekerja dari rumah (work from home) digalakkan, dan kampanye tetap di rumah (stay at home) digencarkan," katanya dalam keterangan resmi yang dikutip, Selasa (26/5/2020).

Meski begitu, pemerintah menyatakan new normal bukan berarti pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Tujuan new normal adalah mendukung sektor usaha.

"Untuk itu masyarakat tetap benar-benar untuk jaga jarak, dan di rumah saja kecuali jika ada keperluan yang sangat penting," tambahnya.

Penanganan Corona Virus di Dharmasraya

Sementara itu, Rahmadian menyebutkan, pada Selasa (26/05/2020) digelar tes swab di RSUD kepada 88 orang dengan 2 shift (pagi dan sore), kemudian di puskesmas Sungai Rumbai sebanyak 28 orang.

"Pada pemeriksaan rapid test hari ini,  Puskesmas sungai dareh sebanyak 22 orang, Puskesmas Padang Laweh 24 orang dan Puskesmas Tiumang 30 orang dengan hasil non reaktif semuanya," pungkasnya.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga