Waspada Penularan Corona saat Idul Fitri, Nagari Lansano Sebar 1.000 Masker ke Warga

Waspada Penularan Corona saat Idul Fitri Nagari Lansano Sebar 1000 Masker ke Warga (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1441H/2020M, Nagari Lansano Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) membagikan 1000 masker kepada masyarakat di kenagarian itu, pada Jumat (22/5/2020)

Wali Nagari Lansano Taratak, Nopen Hendri mengatakan, kegiatan membagikan 1000 masker itu, dilakukan dengan cara mengantarkan langsung ke rumah-rumah warga. 

"Masker langsung kita antarkan dan serahkan ke masing-masing rumah warga yang ada di kenagarian kita," sebutnya pada Covesia.com ditempat.

Menurutnya, hal itu dilakukan dengan tujuan mengantisipasi bahaya penyebaran Covid-19 saat Idul Fitri 

Salah satunya, warga wajib menggunkan masker apabila keluar rumah. 

Kemudian kata wali, diketahui sebentar lagi akan dilaksanakannya shalat Idul Fitri berjemaah di Mesjid-mesjid yang ada di kenagariannya. 

"Jadi, dengan demikian, kita mengajak warga saat melaksanakan shalat Id, warga harus menggunakan masker," ujarnya.

Selain itu, disampaikannya, pihak nagari juga akan melakukan penyumprotan desinfektan di setiap rumah ibadah yang akan dilaksanakan shalat Id berjemaah. 

"Setelah kita lakukan penyemprotan disinfektan, kita juga menyediakan pencuci tangan senetaizer disetiap mesjid yang dilaksanakan shalat Id," ujarnya lagi.

Lanjutnya, kegiatan ini dilakukan sesuai dengan itruksi pemerintah, dimana dibolehkan shalat Id di mesjid. Tetapi, harus sesuai dengan standar penanganan Covid-19 di Pessel. 

"Untuk dana, kita anggarakan dari dana nagari. Dan kita, juga bekerja sama dengan kelompok remaja mesjid, serta perantau dan relawan Covid-19 yang telah dibentuk oleh nagari," ucapnya.

Kendati demikian, ia juga berharap kepada seluruh masyarakatnya, agar tetap melakukan pencegahan secara dini, terkait bahaya penyebaran Covid-19 ini. 

"Kita berharap, masyarakat tetap menjaga kesehatan, pola hidup sehat, dan tetap dirumah apabila tidak ada keperluan. Muda-mudahan, pandemi Covid-19 ini, cepat belalu dan kondisi bisa normal kembali," tutupnya.

(ind)

Berita Terkait

Baca Juga