Kaum Muda Peduli Dampak Covid-19, JCI West Sumatera Bagikan Ratusan Paket Sembako

Kaum Muda Peduli Dampak Covid19 JCI West Sumatera Bagikan Ratusan Paket Sembako JCI West Sumatera Bagikan Ratusan Paket Sembako pada warga yang terdampak Covid-19, Jumat (22/5/2020)

Covesia.com - Sebagai bentuk kepedulian kaum muda terhadap dampak virus corona (Covid-19), Junior Chamber International (JCI) West Sumatera membagikan ratusan paket sembako di sejumlah daerah. Sasarannya beragam, mulai dari pekerja terdampak Covid-19, ibu rumah tangga, pegiat sosial hingga keluarga kurang mampu.

Hari ini Jumat 22 Mei 2020, pembagian bantuan tersebut sudah memasuki hari ketiga berturut-turut yang digelar secara maraton. Dimulai di kawasan Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Padang, Kota Bukittinggi dan berakhir di Kabupaten Padang Pariaman.

Local President JCI West Sumatera, Vioni Fauzia Guspardi menyebut pihaknya sebagai salah satu organisasi kepemudaan internasional mengaku tergerak melihat besarnya dampak virus corona di Sumbar. Sejumlah sektor perekonomian mulai lumpuh, ruang gerak warga menjadi sangat terbatas.

“Sebagai representasi kaum muda yang biasanya identik dengan pergerakan dan semangat, kami sangat merasakan betul dampak virus ini. Karenanya dengan keterbatasan kemampuan, kami ingin pula berbagi dengan sesama,” ujarnya.

JCI sebagai organisasi non politik, kata Vioni, memiliki empat pilar kegiatan. Meliputi pengembangan individual, komunitas sosial, peluang bisnis dan hubungan internasional. JCI juga diakui sebagai salah satu organisasi kepemudaan internasional yang berafiliasi dengan PBB dan telah tersebar di berbagai belahan dunia.

“Kami yakin seluruh pemuda di dunia hari ini merasakan dampak yang sama. Mereka juga menjadi ujung tombak dalam memutus rantai penularan virus ini dengan segala daya juangnya,” sebut Vioni.

Penyandang gelar Magister Ilmu Komunikasi Unand itu berharap kaum muda menjadi pelopor gerakan memakai masker, di rumah saja dan turut serta mengajak masyarakat untuk melawan Covid-19 dengan mematuhi imbauan pemerintah.

“Mudah-mudahan bantuan yang kami bagikan dapat meringankan beban warga Sumbar. Semoga ini menginspirasi kalangan pemuda untuk terus menebar kebaikan di bulan penuh berkah ini,” harapnya.

Secretary General (SG) JCI West Sumatera, Fitri Anisa menambahkan, beberapa waktu jelang Ramadan lalu pihaknya juga telah menggelar sejumlah bakti sosial. Diantaranya menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) bagi sejumlah tenaga medis, serta membagikan paket makan siang gratis kepada beberapa warga terdampak Covid-19.

“Alhamdulillah proses penyalurannya berjalan lancar berkat dukungan anggota dan mitra JCI West Sumatera,” katanya.

Nisa menjelaskan, anggota JCI di seluruh dunia umumnya berumur kisaran 18 hingga 40 tahun. Salah satu semangatnya, setiap anggota wajib memiliki kepeduliaan terhadap lingkungan sekitar dan kehidupan sosial masyarakat. 

“Anggota JCI dituntut untuk kreatif dan peka terhadap fenomena sosial. Sehubungan dengan Covid-19 kali ini, anggota JCI sejatinya harus mampu membantu mencarikan solusi dan jalan keluar. Semoga wabah ini segera berakhir dan kehidupan masyarakat kembali pulih,” tutupnya.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga