BLT untuk Warga yang Terdampak Covid-19 di Kepulauam Mentawai Mulai Disalurkan

BLT untuk Warga yang Terdampak Covid19 di Kepulauam Mentawai Mulai Disalurkan Ilustrasi - berdesa.com

Covesia.com - Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Mentawai, Nicholaus Sorot Ogok menyatakan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) sudah tersalurkan ke beberapa tempat di wilayah Kepulauan Mentawai.

Nicho menjelaskan bahwa tahap awal pencairan Bansos dimulai dari Dana Desa (BLT-DD).

Bantuan untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ada empat sumber dana diantaranya BLT Dana Desa, Kabupaten, Provinsi, dan Dana Pusat Kemensos.

"Saat ini sudah ada 12 Desa dari 43 Desa yang ada, telah menyalurkan BLT kepada masyarakat sebanyak 1.802 KK," ujar Nicholaus,Jumat (22/5/2020).

Sementara 31 Desa lainnya masih dalam proses pencairan dan kemungkinan akan diterima masyarakat dalam minggu ini.

"Kita sudah memiliki data final dan siap melakukan pencairan BLT. Penyalurannya diantaranya melalui PT Pos, BRI dan BNI dan tidak ada potongan apa pun," imbuh Nicho.

Kemudian, BLT untuk mahasiswa sudah dicairkan sekira Rp 1.152.900.000 kepada 1.647 orang dan masing masing menerima Rp 700 ribu untuk sekali transfer. Saat ini yang masih dalam proses sekira 150 mahasiswa karena data data yang belum komplit.

Sementara Sekretaris DPMP2KB Mentawai, Puji Rahayu mengatakan bahwa BLT Dana Desa yang diberikan kepada masyarakat sebanyak Rp, 600 ribu untuk 3 bulan yaitu April hingga Juni 2020.

pembagian BLT dari Dana Desa dipastikan tidak menerima bantuan berikutnya yang berasal dari Provinsi maupun dari Kemensos pusat karena sudah ada data yang akurat agar seluruh masyarakat mendapatkan bantuan yang merata di tengah pandemi Covid-19.

Kontributor: Kornelia Septin Rahayu


Berita Terkait

Baca Juga