Selama PSBB, SMAN 1 Lubuk Basung Anjurkan Siswa Hafal Surat Pendek

Selama PSBB SMAN 1 Lubuk Basung Anjurkan Siswa Hafal Surat Pendek Dok. Covesia

Covesia.com - Penerapan proses belajar mengajar di rumah pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimanfaatkan siswa SMAN 1 Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumbar untuk menambah hafalan ayat Al Quran.

Kepala SMAN 1 Lubuk Basung, Mustafa Kamil mengatakan, tugas menghafal ayat tersebut di instruksikan kepada guru mata pelajaran PAI sebagai tugas wajib untuk seluruh siswa.

"Menghafal Al Quran merupakan perintah agama, selain itu kebijakan belajar dirumah saat bulan Ramadhan ini juga menjadi pahala yang besar bagi mereka yang membaca dan menghafalnya," ujarnya saat berbincang-bincang dengam Covesia.com Selasa (19/5/2020).

Selain itu, banyaknya hafalan bisa menjadi modal utama dalam memimpin salat berjamaah. Para siswa nantinya akan siap saat ditunjuk menjadi imam baik shalat berjamaah di sekolah ataupun di rumah ibadah sekitar mereka.

Adapun jumlah hafalan yang ditargetkan adalah minimal 15 surat pendek dan akan menjadi nilai tinggi jika murid  bisa melebihi target. 

"Siswa apalagi yang laki-laki harus bisa menjadi imam, selain itu hafalan ayat ini nantinya akan mempengaruhi nilai rapor mereka," jelas Mustafa Kamil.

Untuk setoran hafalan, pihak sekolah akan menggunakan sistem online baik menggunakan pesan video ataupun panggilan video via aplikasi Whatsapp. 

"Untuk sistem menghafal dirumah kami sudah berkoordinasi dengan seluruh orang tua siswa, dan jika akan menyetor hafalan ayat nantinya juga diupayakan didampingi orang tua merek," tukasnya.

(hms.sumbar/han)

Berita Terkait

Baca Juga