Dharmasraya Percepat Penemuan Kasus Covid-19 Secara Dini Lewat RDT

Dharmasraya Percepat Penemuan Kasus Covid19 Secara Dini Lewat RDT Kepala Dinas Kesehatan dr Rahmadian S sebagai Juru bicara Penanganan Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya

Covesia.com - Guna mempercepat penemuan kasus terjangkit virus corona, Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Kesehatan setempat semakin giat mengggelar Rapid Diagnostik Rest (RDT) kepada masyarakat. 

Kepala Dinas Kesehatan dr Rahmadian S sebagai Juru bicara Penanganan Covid-19 mengatakan, Dharmasraya hari ini sudah membuka rapid test di 3 titik pemeriksaan yaitu, di Sungai Rumbai 120 orang, Koto Baru 29 orang, dan Sungai Dareh 60 orang.

"Pemeriksaan rapid test hari ini 209 orang dengan hasil Negatif atau Non Reaktif. Sehingga total keseluruan pemeriksaan RDT di Kabupaten Dharamsraya sampai saat ini mencapai 1.049 orang. Yang positif 51 orang," sebut Rahmadian menjelaskan.

Sementara itu, jumlah warga Dharmasraya yang masuk dalam daftar Pelaku Perjalanan daerah Terjangkit (PPT) yang saat ini berada dalam pengamatan petugas kesehatan telah mencapai angka 4.775 orang. 

Untuk orang dalam pemantauan (ODP) menjadi 3 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 1 orang dan Positif Corona (Covid-19) 15 orang

"Pasien  yang sembuh hingga hari ini ada 3 orang, sehingga pasien Covid 19 saat ini berjumlah 12 orang," imbuhnya. 

Pada pemeriksaan swab, katanya, hari ini sebanyak 24 orang dengan target 31 orang yaitu 4 orang swab pertama, 11 orang swab kedua, 7 orang swab kelima dan 1 orang swab keenam. 

"Total swab sampai saat ini 263 orang dengan positif Covid-19 ada 15 orang dan sembuh 3 orang. Pasien yang di karantina di SKB ada 6 orang dan isolasi mandiri di rumah ada 6 orang," tambahnya. 

Pihaknya kembali mengingatkan kepada masyarakat agar benar-benar untuk memjaga jarak fiaik, dan di rumah saja kecuali jika ada keperluan yang sangat penting. 

"Dan untuk yang positif rapid test tetap isolasi mandiri di rumah. Covid-19 ini bisa kita cegah bersama dengan membiasakan menggunakan masker ketika keluar rumah, selalu cuci tangan menggunakan sabun dan segera mengganti pakaian jika kita baru pulang dari bepergian ketika sudah sampai di rumah," jelasnya.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga