Sempat Tertutup Longsor, Akses Bukittinggi-Padang Via Malalak Sudah dapat Dilewati

Sempat Tertutup Longsor Akses BukittinggiPadang Via Malalak Sudah dapat Dilewati Alat berat tengah membersihkan badan jalan Malalak pasca tertimbun longsor (Ist)

Covesia.com -  Akses lalulintas jalan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang menghubungkan Bukittingi - Padang di Kecamatan Melalak menuju Sicincin Padang Pariaman saat sudah bisa dilalui kendaraan.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, M Luthfi AR melalui Labid KL Syahrizal mengatakan, saat ini material longsor di Jorong Toboh Nagari Malalak Timur sudah bisa dilewati kendaraan roda 2 dan roda 4, sedangkan untuk lokasi Jorong Limo Badak, sudah bisa dilalu kendaraan melalui sistem buka-tutup.

"Saat ini masih dilakukan pembersihan menggunakan dua unit alat berat dan ditargetkan selesai hari ini," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Jumat (15/5/2020).

Curah hujan tinggi yang mengguyur kabupaten Agam sekitarnya memicu terjadinya longsor di akses jalan provinsi Melalak menuju Sicincin Padang Pariaman, Kamis (15/5/) malam. Material tanah dan batu menutupi badan jalan di dua titik yaitunya setinggi 50 meter dan panjang 100 meter di Jorong Limo Badak dan di Jorong Toboh material longsor setinggi 1 meter menimbun badan jalan dan panjang  5 meter.

Pembersihan longsor baru bisa dilakukan Jum'at pagi mengingat curah hujan tinggi masih mengguyur daerah Setempat. Bahkan pada pukul 09.00 Wib sempat terjadi longsor susulan namun tidak mengenai petugas yang sedang bekerja.

Melihat potensi curah hujan tinggi masih terjadi hingga beberapa hari kedepan, BPBD Agam menghimbau masyarakat dan pengendara yang melintas untuk lebih waspada serta tidak melintas disaat hujan.

(jhn)

Baca juga: Tertimbun Longsor, Akses Padang-Bukittinggi Via Malalak Lumpuh

Berita Terkait

Baca Juga