Kasus Positif Covid-19 di Mentawai Bertambah Menjadi Lima Orang

Kasus Positif Covid19 di Mentawai Bertambah Menjadi Lima Orang Ilustrasi Covesia

Covesia.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lahmuddin Siregar kembali mengumumkan adanya tambahan kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Kasus baru tersebut diumumkan setelah hasil tes swab laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang yang hasilnya baru keluar hari ini.

"Satu lagi  terpapar Covid-19 yaitu warga Tuapejat Kecamatan Sipora Utara dengan kode 354i  (40/L) seorang wiraswasta. Setelah melakukan perjalanan selama 46 hari baru terkonfirmasi," ujar Lahmuddin saat konferensi pers, Kamis (14/5/2020).

Pasien positif ini diketahui datang dari Kota Padang pada Minggu (29/3/2020) dan tiba di Tuapejat pada Senin (30/3/2020).

Ia menambahkan bahwa pada 4 dan 6 Mei dilakukan rapid tes dan hasilnya reaktif atau positif. Selanjutnya dilakukan tes swab dan yang kedua kali hasilnya terkonfirmasi positif.

Lahmuddin menjelaskan bahwa tindakan yang dilakukan untuk memutus mata rantai virus Corona diantaranya dengan menemukan secara dini, tracking secara massive, isolasi, dan perawatan.

"Pasien kita tracking dari data PPT saat itu. Namun kondisinya tidak mengalami gejala klinis (OTG). Pasien kooperatif untuk diisolasi di RSUD Mentawai," paparnya.

Sementara keluarga yang bersangkutan juga sudah dilakukan swab.

Hingga saat ini pasien  terkonfirmasi positif Covid-19 di Mentawai berjumlah 5 orang dan 1 sudah dinyatakan sembuh.

Sebaran pasien positif berada di 4 desa yaitu Goiso Oinan dan Tuapejat (Kecamatan Sipora Utara) serta desa

Bosua dan Nemnemleleu (Kecamatan Sipora Selatan).

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga