Satu Lagi Terkonfirmasi, Pasien Positif Covid-19 Dharmasraya jadi 14 Orang

Satu Lagi Terkonfirmasi Pasien Positif Covid19 Dharmasraya jadi 14 Orang Ilustrasi - Dok.Covesia

Covesia.com - Kepala Dinas Kesehatan sebagai Juru bicara Penanganan Covid-19 di Kabupaten Dharmasraya, Rahmadian mengatakan, hari ini (Selasa, 12/5/2020) menerima 34 sampel hasil swab yang 1 (satu)  diantaranya terkonfirmasi Covid 19 atau penambahan kasus positif baru di daerah itu.

"Ada 1 orang terkonfirmasi Covid-19 pada tindak lanjut pertama. Sebanyak 29 orang negatif dan 3 inkonklusif (pemeriksaan ulang)," sebut Rahmadian dalam keterangan resmi.

Dia menjelaskan, kasus baru Covid-19 merupakan transmisi lokal yang artinya ada kontak erat dengan pasien positif sebelumnya, yaitu Ny. ES (35) dan seorang ibu rumah tangga.

Sementara, hasil swab pasien PDP atas nama almarhum AZ (13) warga Pulau Punjung, hasilnya negatif.

Sedangkan hasil tindak lanjut pertama swab 2 orang yaitu pasien 12 dinyatakan positif dan pasien 13 dinyatakan negatif.

"Dinas Kesehatan juga melaksanakan pemeriksaan Rapid Diagnostik Test  (RDT) kepada sebanyak 72 orang, yang sebelumnya ditargetkan 86 orang. Satu  hasil RDT dinyatakan positif, yaitu Tn. AF 15 tahun. Pelajar, yang besok akan langsung dilakukan pemeriksaan swab test untuk mengarah ke hasil yang akurat. Dan 71 lainnya hasilnya negatif atau non reaktif," jelas Rahmadian.

Dia menambahkan, kabar duka juga diterima oleh Kabupaten Dharmasraya dengan meninggalnya 3 PDP yakni;

  1. Ny. A ( 60th), Beringin Sakti , Timpeh.
  2. Tn. S ( 69 th), Tiumang,
  3. Tn. D ( 20 th), Koto Padang, Koto Baru.

"Jenazah sudah dikebumikan sesuai dengan protap dari Kemenkes," ujarnya.

Sementara, jumlah warga Dharmasraya yang masuk dalam daftar Pelaku Perjalanan daerah Terjangkit (PPT) yang saat ini berada dalam pengamatan petugas kesehatan telah mencapai angka 4.678 orang.

Untuk orang dalam pemantauan (ODP) menjadi 5 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 5 orang dan Positif Corona (Covid-19) 14 orang, pasien  yang sembuh 1 orang, sehingga pasien Covid-19 berjumlah 13 orang.

(ril/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga