SMKN 1 Lubuk Sikaping Bagikan Ribuan Masker Gratis

SMKN 1 Lubuk Sikaping Bagikan Ribuan Masker Gratis Penyerahan ribuan masker dari SMKN 1 Lubuk Sikaping kepada PMI Pasaman

Covesia.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman kembali menggelar aksi sosial dengan membagikan ribuan masker gratis hasil produksi siswanya sendiri dalam upaya penanggulangan Covid-19.

Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping, Muslim mengatakan aksi sosial itu dilakukan sebagai wujud upaya bersama dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) didaerah setempat.

"Tadi sudah kami serahkan sekitar 1.000 buah masker gratis kepada PMI Pasaman untuk disalurkan kepada masyarakat. Kemudian untuk Kodim 0305/Pasaman sebanyak 250 buah," terang Muslim kepada Covesia.com di Lubuk Sikaping, Senin (11/5/2020).

Muslim menyebutkan aksi sosial ini dilakukannya sudah yang kesekian kali dilaksanakan dalam kegiatan pencegahan penyebaran virus corona di Pasaman.

"Diantaranya kami bekerjasama dengan RSUD Lubuk Sikaping, Polres Pasaman dan Pemprov Sumbar dalam memproduksi masker hingga mencapai 16.000 buah. Ada yang di bagikan pada masyarakat langsung, ada juga yang diserahkan pada berbagai Dinas dan Instansi di Pasaman," tambah Muslim.

Disamping itu kata Muslim, SMKN 1 Lubuk Sikaping telah melakukan penyemprotan disinfektan gratis pada rumah-rumah masyarakat.

"Tepatnya dilaksanakan di empat Nagari di Kecamatan Lubuk Sikaping yaitu Nagari Tanjung Beringin, Nagari Pauh, Nagari Durian Tinggi, Nagari Jambak, dan juga ikut serta dalam penyemprotan disinfektan bersama gugus tugas kabupaten pasaman yang dilakukan oleh PMR WIRA SMK N 1 Lubuksikaping," katanya.

Selanjutnya kata dia SMKN 1 Lubuk Sikaping juga telah membagikan handsanitizer gratis pada masyarakat di Pasaman lebih dari 400 botol. 

"Insyaallah kami akan melanjutkan  membagikan masker gratis pada masyarakat dimasa masa berikutnya. Sekarang ini kami masih sedang memproduksi masker yang akan dibagikan gratis pada masyarakat," katanya.

Semua ini dilakukan kata dia untuk menunjukan bukti bahwa pendidikan di SMKN 1 Lubuk Sikaping bukan hanya menciptakan orang orang berilmu saja, tetapi juga mendidik generasi muda yang berakhlak mulia yang diimplementasikan dalam wujud tindak nyata. 

"Kami tidak ingin hanya melahirkan generasi-generasi yang Bernas otaknya, tapi kami juga mendidik agar generasi muda khususnya pelajar yang memiliki berih hatinya. Setidaknya kontribusi ini turut membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19. Kami juga mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang sudah turut membantu kami dalam kegiatan kemanusiaan ini. Semoga wabah Covid-19 ini segera berakhir dan tanah air segera pulih sepertia sedia kala," ungkapnya.

Sementara wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama mengaku kontribusi SMKN 1 Lubuk Sikaping ditengah pendemi kali ini sangat dirasakan oleh masyarakat.

"Sangat membantu sekali. Bayangkan RSUD Lubuk Sikaping yang membutuhkan setidaknya 400 masker setiap hari. Belum lagi petugas medis lain dan kami di PMI Pasaman yang juga mendapatkan bantuan masker," kata Atos Pratama.

Atos Pratama meminta keterlibatan semua pihak dalam menanggulangi pencegahan Covid-19 disemua kalangan masyarakat.

"Tidak perlu hal besar penting berarti. Mulai edukasi masyarakat dari lingkungan terkecil agar mematuhi protokol kesehatan ditengah pendemi Covid-19 ini. Agar jumlah korban tidak terus bertambah," tutupnya.

(hms.sumbar/hri)

Berita Terkait

Baca Juga