Terjadi Transmisi Lokal Penyebaran Covid di Agam, Bupati Minta Masyarakat Tak Saling Menyalahkan

Terjadi Transmisi Lokal Penyebaran Covid di Agam Bupati Minta Masyarakat Tak Saling Menyalahkan Bupati Agam Indra Catri (Istimewa)

Covesia.com - Terkait kasus infeksi Covid-19 sudah masuk ke Agam, Pemerintah daerah kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berharap masyarakat tidak saling menyalahkan satu sama lainnya.

Bupati Agam, indra Catri mengatakan, pengawalan 8 pintu masuk ke daerah Agam yang selama ini sudah dilakukan tidak bisa lagi diandalkan sepenuhnya hal tersebut disebabkan ancaman penularan Covid-19 tidak lagi hanya dari luar namun sudah beralih dari warga ke warga dan rumah ke rumah. "Saat ini sudah terjadi transmisi lokal jadi diperlukan perubahan kebiasan dengan konsistensi dan disiplin tinggi," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Kamis (7/5/2020).

Dilanjutkan Bupati Agam, “Pameo Belanda masih jauh, tidak berlaku lagi bagi Agam, aturan yang selama ini masih diacuhkan harus diperketat kembali. "Virus Corona itu saat ini benar-benar sudah masuk ke Agam. Masyarakat dimintakan siaga penuh atau “tiarap” menghadapi ancamannnya," imbuhnya.

Ia meminta agar masyarakat bisa bekerja sama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Tidak perlu saling menyalahkan karena dampak pandemi ini dirasakan oleh semuanya.

Indra Catri mengaku bantuan yang disalurkan selama ini tidak cukup untuk menghadapi Pandemi, dan pemerintah tidak mungkin menyediakan jumlah bantun yang lebih besar.  "Mana cukup Rp 600.000 per bulan. Pada kondisi sekarang nampaknya pemanfaatan lahan dan perkarangan yang bisa diandalkan masyarakat luas. Oleh sebab itu kami menghimbau kelola dengan baik kebun dan sawah namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19," tuturnya.

Ia berharap dengan adanya kerja sama yang baik dari seluruh pihak, bencana Pandemi Covid-19 bisa cepat berlalu. "Kita punya peran masing-masing, Pemerintah, TNI, Polri Dan tenaga kesehatan bergerak di garda terdepan, namun masyarakat memiliki berperan yang tidak kalah penting dalam pencegahan penularan, dengan adanya kerjasama dari seluruh pihak kita berharap badai Pandemi bisa cepat berlalu," tutupnya.

(han/adi)

Berita Terkait

Baca Juga