Wali Nagari di Nagari Pessel Ini Andalkan Pengrajin Lokal akan Kebutuhan Masker

Wali Nagari di Nagari Pessel Ini Andalkan Pengrajin Lokal akan Kebutuhan Masker Penjahit rumahan di Kabupaten Pessel, Sumatera Barat tengah membuat masker untuk di bagikan ke warga (Ist)

Covesia.com - Pemerintah Nagari Aur Duri Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) upayakan pengadaan masker melalui pengrajin jahit di kenagariannya, untuk kebutuhan masker warganya.

Wali Nagari Aur Duri Surantih, Jetrizanko mengatakan, pengadaan masker dari kain itu, dilakukan untuk menanggulangi sulitnya mendapatkan masker. Sedangkan, dengan kondisi saat ini ditengah-tengah wabah Covid-19, masyarakatnya sangat membutuhkan masker. 

Bahkan, sudah ada himbauan dari pemerintah daerah, bahwa setiap warga yang diwajibkan menggunakan masker setiap kali beraktivitas. 

"Jadi karena itu, kami coba mengadakan masker berbahan kain melalui penjahit yang ada. Sebab, kebutuhan masker harus kita sediakan untuk warga," sebutnya kepada Covesia.com, Jumat (10/4/2020)

Ia menjelaskan, pengadaan masker kain ini, pihak nagari memesan sebanyak 1000 masker kepada penjahit. 

Sementara, untuk anggaran pengadaan masker tersebut, dianggarkan melalui dana desa (DD). 

"Setelah selesai, akan segera dibagikan dan akan dilakukan kembali pengadaan bagi warga yang belum mendapatkan," jelasnya

Kendati demikian katanya, 1000 pengadaan masker kali ini memang belum cukup, untuk memenuhi kebutuhan warga di kenagarian itu. 

Tetapi, pihaknya dari kenagarian akan mengupayakan kembali melalui revisi anggaran di kenagarian. 

"Nanti setelah revisi anggaran, kita upayakan kembali. Karena kebutuhan masih belum cukup,"ujarnya

Lanjutnya, selain pengadaan masker pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, sebab anjuran harus dilakukan minimal sekali dua minggu.

"Untuk tahap pertama sudah selesai kita lakukan penyemprotan, begitupun selanjutnya. Karena, upaya penyemprotan adalah salah satu pemutus rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Diketahui, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menginstruksikan pada seluruh masyarakat di daerah itu agar menggunakanmasker , guna mengantisipasi penyebaran virus corona.

Instruksi itu tertuang dalam surat Bupati nomor: 100/08/GTC-IV/2020 tanggal 6 April 2020. Selain masker , bupati juga meminta para perantau yang pulang kampung, dan pendatang agar dapat melaporkan diri pada wali nagari dan Puskesmas terdekat.

(idn)

Berita Terkait

Baca Juga