Refocusing Anggaran, Pasaman Siapkan Rp80 Miliar Penanggulangan Covid-19

Refocusing Anggaran Pasaman Siapkan Rp80 Miliar Penanggulangan Covid19 Sekretaris Daerah Pasaman, Mara Ondak (Foto: Dok. Covesia)

Covesia.com-Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menyiapkan sekitar Rp80 Miliar dana untuk mengantisipasi penanganan kondisi terburuk wabah corona (Covid-19) didaerah setempat.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis melalui Sekretaris Daerah, Mara Ondak ketika diwawancarai oleh Covesia.com, mengatakan dana penanggulangan Covid-19 tersebut bisa saja berubah sesuai situasi dan kebutuhannya.

"Jumlah dana itu kami hitung lewat refocusing anggaran, untuk pencegahan, pengendalian dan penanganan virus corona (Covid-19). Langkah refocusing anggaran tahun 2020 ini diambil usai melakukan teleconference dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa hari lalu. Jumlahnya mencapai Rp80 Miliar," kata Mara Ondak, Selasa (7/4/2020).

Mara Ondak menegaskan dari jumlah anggaran itu nantinya akan dikucurkan sesuai kebutuhan daerah dalam penanganan Covid-19 yang disusun oleh tim Gugus Tugas.

"Keputusan ini diambil sesuai dengan Inpres Nomor 4 tahun 2020 ditambah Instruksi Kemendagri Nomor 1 Tahun 2020. Namun rincian Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) masih disusun," kata Mara Ondak.

Ia menyebutkan sumber dana refocusing anggaran itu akan diambil dari Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan (SILPA).

"Kemudian 15 persen dari anggaran tiap SKPD dan sissa dana hibah Pilkada. Nanti dana itu seluruhnya akan digunakan untuk penanggulangan Covid-19," katanya.

Gugus tugas kata dia nantinya akan menggunakan anggaran itu untuk penanganan masalah kesehatan, maupun antisipasi dampak ekonomi didaerah itu.

(hri)

Berita Terkait

Baca Juga