Pemko Pariaman Anggarkan Rp4 Miliar Bantuan Sembako UMKM

Pemko Pariaman Anggarkan Rp4 Miliar Bantuan Sembako UMKM Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit (Foto: Peri Musliadi)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan dana rp4 miliar untuk memberikan bantuan subsidi sembako kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu yang usahanya terdampak Covid-19.

"Insyaallah secepatnya subsidi sembako ini disalurkan, hendaknya sebelum masuk Ramadan," sebut Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit pada covesia.com, Senin (6/4/2020).

Lanjut Gusniyetti, saat ini pihaknya sedang mendata pelaku UMKM di daerah itu, yang usahanya terdampak Covid-19 tersebut. 

"Ada 7.117 pelaku UMKM di Kota Pariaman yang harus kami didata. Hendaknya sebelum memasuki Ramadan sudah bisa dibagikan," jelasnya. 

Gusniyetti menyebutkan, pemberian bantuan itu dilakukan, karena pihaknya menilai omzet pelaku UMKM di daerah itu turun drastis semenjak Covid-19 ini. 

"Warga lebih banyak di rumah dan tidak adanya kunjungan wisatawan," ujarnya. 

Dikatakan Gusniyetti, bantuan yang akan diberikan itu adalah, dalam bentuk beras serta subsidi paket sembako seharga Rp65 ribu yang isinya di antaranya telur, minyak, dan gula.

Selain itu, kata Gusniyetti untuk sementara pihaknya tidak meminta uang retribusi kepada pedagang di pasar guna meringankan beban pedagang.

(per)

Berita Terkait

Baca Juga