Hingga Sekarang 1.269 Warga Kota Pariaman Berstatus Notifikasi, 60 ODP dan 3 PDP 

Hingga Sekarang 1269 Warga Kota Pariaman Berstatus Notifikasi 60 ODP dan 3 PDP  Plt Kadis Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul ( Foto: Peri)

Covesia.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menyampaikan perkembangan virus Corona atau Covid-19 di kota itu, hingga saat ini Kamis (2/4/2020) sore, ada 1.269 warga yang berstatus notifikasi, Orang dalam Pemantauan (ODP) 55 dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tiga orang.

"Tiga orang warga Kota Pariaman yang berstatus PDP tersebut satu orang dirawat di rumah sakit, dan dua lagi isolasi di rumah masing-masing, karena sudah lumayan sehat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul kepada covesia.com pada Kamis (2/4/2020).

Kemudian kata Syahrul, terkait wabah Covid-19 ini pihaknya selalu mengunjungi setiap orang yang datang dari luar Sumbar ke Kota Pariaman, untuk memeriksa kesehatan mereka guna pencegahan menyebarnya virus Corona atau Covid-19 di daerah itu.

"Nanti, jika orang tersebut menunjukkan demam biasa, batuk atau flu maka yang bersangkutan akan dimasukkan ke dalam daftar ODP dan diminta isolasi mandiri. Kalau demam tinggi akan dijadikan PDP," ucapnya.

Kemudian kata Syahrul, terkait pencegahan penyebaran Covid-19 ini, Pemkot Pariaman juga melakukan pengecekan terhadap orang luar yang masuk ke kota itu di posko perbatasan yang dibuat pemerintah tersebut. 

Syahrul juga meminta, kepada perantau dan pendatang di Kota Pariaman untuk memeriksakan kesehatan mereka ke Puskesmas atau bidan desa setempat guna memastikan kondisi kesahatan yang dialami.

"Kami juga mengimbau untuk menjaga pola hidup sehat serta sering mencuci tangan pakai sabun. Kami juga meminta warga untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan berkumpul dengan orang lain untuk sementara, guna mencegah penyebaran virus ini," kata dia.

(per/don)

Berita Terkait

Baca Juga