Politisi PPP: Kebijakan Pembatasan Keluar Masuk Sumbar Harus Manusiawi

Politisi PPP Kebijakan Pembatasan Keluar Masuk Sumbar Harus Manusiawi Maidestal Heri Mahesa (Ist)

Covesia.com - Demi mengurangi penyebaran Covid-19 di Sumbar, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno membatasi masyarakat yang keluar dan masuk Sumbar. Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Maidestal Heri Mahesa sepakat tentang hal itu, namun dirinya menyarankan  harus manusiawi. 

"Saya setuju dengan kebijakan Gubernur, karena mulai banyaknya yang positif covid-19 di Sumbar, 

 dan itu semua kebanyakan orang yang datang dari luar Sumbar," ungkapnya kepada Covesia, Minggu (29/3/2020).

Maidestal menambahkan meski demikian pemerintah juga memiliki kewajiban bagaimana para perantau atau pun orang yang baru kembali dari luar daerah dipikirkan serta warga Sumbar senidiri. 

"Pemerintah juga harus manusiawi, jika seandainya mereka sudah sampai di Sumbar jangan sampai di suruh kembali,"ujarnya. 

Selain itu, kebutuhan masyarakat Sumbar jika terjadi pembatasan tersebut harus dicarikan solusinya. Seperti kebutuhan harian dan pokok serta kebutuhan lainnya. Sebab menjamin masyarakat adalah kewajiban pemerintah. 

"Sebagaimana yang diatur dalam undang-undang bahwa pemerintah memiliki kewajiban menjamin hak masyarakat, menjamin keamanan, dan kesehatan masyakat, apalagi kondisi sekarang ini," terangnya. 

Ditambahkan Maidestal, gubernur merupakan perwakilan atau perpanjangan tangan pemerintah pusat. "Kita minta gubernur lebih tegas dan bertindak cepat dalam hal ini, jangan terlalu lama mengambil keputusan," ujarnya. 

Apalagi di pemerintah ada namanya forkopimda dan para ahli di berbagai bidang untuk diminta pertimbangan dan saran serta kesepakatan.

Maidestal pun menghimbau kepada masyarakat untuk dapat mengikuti dan mematuhi saran dari pemimpin dan ulama. "Untuk perantau tentunya kita harapkan sesuai anjuran pemerintah, tunda dulu kepulangannya, dan jika perlu jangan kembali dulu ke kampung jika sayang dengan keluarga dan dunsanak, terlepas terkena atau tidak virus covid ini," harapnya. 

Dikatakan Maidestal siapa yang bisa menjamin  dalam perjalanan menuju kampung bisa bersih dan aman dari virus. "Sedang yang  sudah berada di kampung atau sudah berada di daerah, lakukanlah segera isolasi mandiri dan laporkan diri kepada aparatur baik di tingkat kelurahan, kecamatan atau pihak berwenang lainnya,"jelasnya.

(lia/adi)

Berita Terkait

Baca Juga