Satgas Covid-19 Periksa Puluhan Perantau yang Akan Masuk Wilayah Agam

Satgas Covid19 Periksa Puluhan Perantau yang Akan Masuk Wilayah Agam Caption: Tim GT2P COVID-19 memeriksa Penumpang Bus Dari Luar Daerah (Istimewa)

Covesia.com - Tim gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GT2P COVID-19) Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali memeriksan penumpang 2 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang  masuk ke wilayah Agam via jalur darat di perbatasan Agam-Padang Pariaman di Tiku, Minggu,(29/3/2020) dinihari.

Wakil Ketua GT2P COVID-19 Agam, M Luthfi AR mengatakan, pihaknya kembali menerima informasi bahwa ada 2 unit bus yang sedang dalam perjalanan dan akan memasuki Lubuk Basung. Bersama tim gabungan menunggu di perbatasan Padang Pariaman - Agam tepatnya di nagari tiku selatan Kecamatan Tanjung Mutiara.

"Untuk bus yang pertama masuk sekitar pukul 01.00 WIB, berisikan 7 orang penumpang dan bus yang kedua datang sekitar pukul 05.30 Wib yang berisikan25 orang penumpang," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com.

Sebelum memasuki kabupaten Agam, Bus harus melalui pemeriksaan sesuai protap dan SOP yang dilakukan tim gabungan GT2P Covid19 Agam, selain mendata para penumpang harus melakukan cek suhu tubuh dengan thermo gun serta sosialisasi langkah-langkah antisipasi yang dilakukan pemerintah termasuk penyemprotan cairan disinfektan di seluruh badan bus.

"Kita menghimbau warga kita baru datang untuk segera memeriksa kesehatannya  ke Puskesmas jika ada merasakan gejala, segera laporkan setelah itu dapat menahan diri jangan keluar rumah dulu selama 14 hari," katanya.

Dijelaskan M Luthfi AR, pengawasan seluruh armada AKAP yang masuk ke wilayah Agam ini merupakan salah satu langkah antisipasi penyebaran COVID-19,sementara itu diperkirakan jumlah armada yang akan masuk akan semakin bertambah menjelang bulan suci Ramadhan.

(han/adi)

Berita Terkait

Baca Juga