Atisipasi Penyebaran Covid-19, Lapas Klas II B Pariaman Tutup Layanan Kunjungan

Atisipasi Penyebaran Covid19 Lapas Klas II B Pariaman Tutup Layanan Kunjungan Foto: Kalapas Kelas ll B Pariaman, Eddy Junaidi

Covesia.com - Antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, mulai Kamis (26/3/2020) besok Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), menutup layanan kunjungan di lapas tersebut.

"Penutupan itu sudah mendapat perintah dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) wilayah Sumbar," sebut Kepala Lapas (kalapas) Kelas ll B Pariaman, Eddy Junaidi pada Rabu (25/3/2020).

Lanjut Eddy, bahwa intruksinya seluruh lapas dan rumah tahanan (rutan) di Sumbar, untuk menutup layanan kunjungan terhadap warga binaan.

Kendati demikian kata Eddy, pihaknya menyediakan layanan vidio call bagi pengunjung yang ingin menghubungi keluarganya di dalam lapas.

"Itu sudah bisa dilakukan mulai besok, tapi terbatas untuk dua pengunjung sekali vidio call dan akan bergantian dengan pengunjung lainnya, karena fasilitas di sini hanya dua personal computer (PC)," ungkapnya.

Selain bergantian kata Eddy, untuk waktu vidio call juga dibatasi masing-masing pengunjung.

"Nanti bagi pengunjung yang ingin menghubungi keluarganya di lapas, harus melapor dulu ke petugas, agar petugas bisa memanggilkan wargaan binaan itu untuk siap-siap di depan computer," jelasnya. 

"Prosesnya hampir mirip orang berkunjung biasa, tapi hanya saja tidak bisa bertemu langsung," ujarnya.

Kemudian kata Eddy, pihak lapas masih membuka layanan titipan barang untuk warga binaan dari keluarga yang tidak bisa memberikan langsung barang-barang titipan itu. 

"Untuk barang titipan keluarga masih bisa masuk, nanti ada petugas piket yang akan menerimanya," katanya.

(per/adi)

Berita Terkait

Baca Juga