RSUD Lubuk Basung Kekurangan APD untuk Penanganan Covid-19

RSUD Lubuk Basung Kekurangan APD untuk Penanganan Covid19 Direktur RSUD Lubuk Basung Syahrizal Anton (Foto: Johan/ Covesia)

Covesia.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung, Kabupaten Agam kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk penanganan Virus Corona (Covid-19).

Direktur RSUD Lubuk Basung Shayrizal Antoni mengatakan, saat ini ketersediaan APD  masih terbatas yakni sebanyak 14 pasang, jumlah tersebut terbilang sedikit dari jumlah yang dibutuhkan. 

"Ada 14 set APD, tapi itu masih kurang dari yang kita butuhkan, Itu pun merupakan persediaan tahun lalu," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Selasa (24/3/2020).

Menutupi kekurangan tersebut, saat ini pihaknya sudah memesan sebanyak 65 APD dan diupayakan datang dalam waktu dekat,” ujarnya.

Mengantisipasi penyebaran COVID-19, saat ini RSUD Lubuak Basung meniadakan  kunjungan bagi pasien rawat inap sementara waktu. Pasien rawat inap hanya diperbolehkan didampingi keluarga maksimal dua orang yang sebelumnya sudah diperiksa dan diberikan kartu penunggu pasien.

Untuk saat ini tiga orang warga Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat masuk kedalam daftar Pasien Dalam Pantauan (PDP) Virus Corona (COVID-19). Dua diantaranya sudah dirujuk dan sedang menjalankan isolasi di Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Padang. Sementara itu satu orang lagi diperbolehkan pulang dan masuk kedalam kategori PDP Ringan.

(han/utr)

Berita Terkait

Baca Juga