Antisipasi Covid-19, KPU Pesisir Selatan Tunda 4 Poin Tahapan Pilkada

Antisipasi Covid19 KPU Pesisir Selatan Tunda 4 Poin Tahapan Pilkada Ilustrasi

Covesia.com - Antisipasi penyebaran Covid-19, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) lakukan penundaan 4 poin tahapan Pilkada serentak tahun 2020.

Ketua KPU Pessel, Epaldi Bahar mengatakan, kepastian penundaan tersebut, dilakukan sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari KPU-RI di Jakarta.

Di mana, hal itu sebagai salah satu upaya penanggulangan dan penanganan penyebaran Covid-19 di Tanah Air. 

"Memang benar, kemarin kami jajaran komisioner KPU Pessel, mengadakan rapat terkait surat edaran tersebut," ungkapnya pada wartawan Senin (23/3/2020).

Ia menjelaskan, dimana dalam surat edaran SE nomor 8 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Keputusan KPU nomor 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2020 Dalam Upaya Pencegahan Covid-19.

Kemudian katanya, empat poin tahapan yang ditunda itu diantaranya, pelantikan dan masa kerja Panitia, proses verivikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukkan PPDP dan pelaksanaan coklit, dan proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih

"Demi pencegahan Covid-19, dengan itu pihak KPU perlu melakukan langkah-langkah pencegahan untuk meminimalisasi penyebarannya," ujarnya.

Ia menambahkan, penundaan demikian dilakukan sampai batas waktu yang ditentukan. 

"Jadi, sebelum ada edaran baru untuk mencabut 4 tahapan itu, dan kepastian rekomendasi aman dari pihak medis. Pelaksanaan tahapan masih belum dapat kita lanjutkan," tutupnya.

(idy)

Berita Terkait

Baca Juga