DPRD Pessel akan Panggil Inspektorat Terkait Dugaan Penyelewengan DD

DPRD Pessel akan Panggil Inspektorat Terkait Dugaan Penyelewengan DD Wakil Ketua DPRD Pessel, Jamalus Yatim. (Foto: Indra Yen/ Covesia)

Covesia.com -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), bakal memanggil Inspektorat setempat terkait adanya salah satu nagari yang menyelewengkan dana desa (DD).

"Ya, terkait adanya penyelewengan dana desa oleh salah seorang wali nagari (kepala desa). Kita bakal panggil Inspektorat," kata Wakil Ketua DPRD Pessel, Jamalus Yatim saat di hubungi Covesia.com Selasa (10/3/2020).

Sebelum dilakukan pemanggilan kata Jamalus, ia meminta terlebih dahulu Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan walnag yang diduga menyalahgunakan dana desa.

"Kami meminta kepada inspektorat untuk memeriksa walinya terkait soal pembangunan jalan Pinang Baliriak di Nagari Taratak yang terbengkalai, ada apa disitu, karena itu anggran 2019,"ujarnya

Sebab menurutnya, penggunaan dana nagari mesti harus tepat sasaran dan sesuai ketentuan Undang-Undang. 

Jadi, walnag harus segera di panggil dan melakukan audit penggunaan anggaran dana desa di setiap nagari yang ada sesuai dengan UU yang berlaku.

Lanjutnya, ia sangat menyayangkan kinerja Inspektorat terkait pengawasan terhadap penggunaan dana desa.

Apalagi katanya, sudah ada laporan dari masyarakat, adanya dugaan penyalahgunaan dana desa.

"Selain nagari yang bermasalah, kita juga akan memanggil Inspektorat dan mempertanyakan audit seluruh keuangan nagari yang ada di Pessel,"pungkasnya

Sebelumnya diberitakan Covesia.com, diduga oknum Wali Nagari menyelewengkan dana desa pada pembangunan jalan Pinang Balirik, di Kenagarian Taratak, Kecamatan Sutera dengan anggaran Rp465 juta. 

Namun, yang terealisasi hanya Rp287 juta dari total anggran Rp465 juta.

(idr/utr)


Berita Terkait

Baca Juga